SILABUS PEMBELAJARAN Bab.1 kelas VII /Smtr .1
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Garawangi
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Al-Quran): 1. Menerapkan Hukum
bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||
1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah
|
Hukum bacaan
“Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
|
1.
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk memahami hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan pengertian hukum
bacaan “Al” Syamsiyah!
|
2 x 40 menit
|
C,X
|
||
Menyebutkan
contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Di antara bacaan “Al” Syamsiyah adalah berikut ini, kecuali:
a. الَّرحْمَنُ
b. الضُّحَى
c. اْليَتِيْمُ
d. السَّائِلُ
|
|||||||
Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan pengertian hukum
bacaan “Al” Qamariyah!
|
|||||||
4. Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al”
Qamariyah
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Bacaan “Al” Qamariyah harus jelas melafalkan “Al” –nya, seperti di bawah ini:
a. الرَّحِيْمُ
b. اْلإِنْسَانُ
c. الصُّدُوْرُ
d. الشَّمْسُ
|
|||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ),Tanggung jawab ( responsibility )
|
|||||||||
1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
2.
Siswa berdiskusi untuk menemukan perbedaan hukum
bacaan “Al” Syamsiyah dengan hukum bacaan “Al” Qamariyah.
|
Menyebutkan ciri-ciri
hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan beberapa ciri bacaan “Al” Syamsiyah!
|
2 x 40 menit
|
C,X
|
|||
Menyebutkan ciri-ciri
hukum bacaan “Al” Qamariyah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan beberapa ciri bacaan “Al” Qamariyah!
|
|||||||
Membandingkan ciri-ciri
hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Jelaskan perbedaan
ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah!
|
|||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|||||||||
1.3 Menerapkan bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
|
3. Siswa menelaah QS.
al-Dluha.dan QS. al-‘Adliyat. untuk menemukan
contoh-contoh hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
Menelaah hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
dalam QS. al-Dluha.
|
Tes unjuk kerja
|
Identifikasi
|
1.
Carilah bacaan-bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha lalu tulislah dalam buku
kerja kalian!
|
2 x 40 menit
|
C,X
|
|||
Menelaah
hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat.
|
Tes unjuk kerja
|
Identifikasi
|
1.
Carilah bacaan-bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat lalu tulislah dalam
buku kerja kalian!
|
|||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Jujur ( fairnes )
|
Komentar