Soal PRE TEST TOT INSTRUKTUR NASIONAL IMPLEMENTASI KURIKULUM PAI 2013 (dengan kunci jawaban)
DIREKTORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DITJEN PENDIDIKAN ISLAM
TAHUN 2013
Petunjuk:
1.
Baca bismillah dan berdoa terlebih dahulu
2.
Bacalah soal dengan seksama dan pilihlah jawaban
yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada lembar jawaban yang
tersedia!
3.
Test ini bersifat mandiri, tidak diperkenankan
bekerjasama
4.
Alokasi waktu untuk mengerjakan test ini selama
20 menit
5.
Mengisi identitas Anda pada lembar jawaban yang
tersedia.
SOAL
PILIHAN GANDA
PILIH JAWABAN
PERTANYAAN DI BAWAH
INI DENGAN TEPAT !
1.
Kurikulum Berbasis Kompetensi yang
telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup Standar yang
mencakup 8 standart, penekanan kurikulum terhadap 4 standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi,
Standar Proses dan Standar Penilaian merupakan :
A.
Desain
kurikulum 2013
B.
Struktur kurikulum 2013
C.
Perubahan kurikulum 2013
D.
Konsep
kurikulum 2013
E.
Pengembangan kurikulum 2013
2.
Empat elemen
perubahan
kurikulum 2013 :
A.
Standar Sarana Prasarana, Standar proses, Standar Pengelolaan
dan Standar Pembiayaan
B.
Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses
dan Standar Penilaian
C.
Standar Sarana Prasarana, Standar proses, Standar Pengelolaan
dan Standar penilaian
D.
Standar Kompetensi Lulusan, Standar proses, Standar Pengelolaan
dan Standar Pembiayaan
E.
Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Pengelolaan dan Standar
Penilaian
3.
Kompetensi Inti secara berurutan mencakup ....
A. sikap profesional, sikap sosial, pengetahuan, dan
keterampilan
B. sikap sosial, sikap spiritual, pengetahuan, dan
keterampilan
C. sikap spiritual, sikap sosial, keterampilan dan
pengetahuan
D.
sikap spiritual, sikap sosial, sikap profesional, dan keterampilan
E.
sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan
keterampilan
4.
Dalam menganalisis buku
guru dan buku siswa setidaknya harus memperhatikan hal-hal sebagai
berikut, kecuali :
A. kesesuaian materi dengan tema
B. kecukupan materi
C. kedalaman materi
D.
kesesuaian dengan mata pelajaran lain
E. ketercapaian
materi
5.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan penjabaran
dari……untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
C. Standar Isi
D.
Silabus
E. SStandar
Kompetensi Lulusan
6.
Pendekatan scientific dalam pembelajaran PAI SD meliputi kegiatan
....
A.
menanya (questioning), mengamati (observing), pengumpulan
data (experimenting/explore), mengasosiasi (associating),
mengkomunikasikan (communicating).
B.
mengamati (observing), menanya (questioning), mengasosiasi (associating),
mengkomunikasikan (communicating), pengumpulan data (experimenting/explore),
C. mengamati (observing), pengumpulan data (experimenting/explore),
menanya (questioning), mengasosiasi (associating), mengkomunikasikan
(communicating)
D.
mengasosiasi (associating), mengamati (observing), menanya (questioning),
mengkomunikasikan (communicating), pengumpulan data (experimenting/explore),
E.
mengamati (observing), menanya (questioning),
pengumpulan data (experimenting/explore), mengasosiasi (associating),
mengkomunikasikan (communicating).
7.
Menyampaikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan, diagram,
bagan, gambar atau media lainnya. Kegiatan di atas
termasuk ....
A.
mengamati (observing)
B.
mengkomunikasikan (communicating).
C.
mengasosiasi (associating)
D.
menanya (questioning)
E.
(experimenting/explore),
8.
Guru dapat menggunakan hasil penilaian autentik, kecuali :
A.
merencanakan program perbaikan (remedial), pengayaan (enrichment),
B.
pelayanan konseling
C.
Mengikuti pendidikan yang lebih tinggi
D.
Bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan Standar Penilaian
Pendidikan
E.
Repleksi pembelajaran
9.
Manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
A. Fungsi
Pendididkan Nasional
B. Amanatpen
dididkan nasional
C. Tujuan Pendidikan Nasional
D. Kewajiban
pendidikan nasional
E. Sistem
pendidikan
10. Seperangka trencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
A.
Kurikulum menurut PP No. 32 ayat (19)
B.
Kurikulum menurut UU No.20/2003
Ps.1 ayat (19),
C.
Kurikulum menurut PP No. 55/2007 ayat (16).
D.
Kurikulum menurut PP No. 74 /2008 ayat (16) .
E.
Kurikulum menurut PMA 16/2010
11. Penilaian proses pembelajaran menggunakan pendekatan
penilaian autentik (authentic assesment) artinya ....
A.
menilai pada proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik
B.
menilai kesiapan belajar dan proses belajar secara utuh
C.
menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh
D.
menilai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
E.
menilai sikap, pengetahuan dan keterampilan
12. Penilaian Kompetensi Inti-1 dan
Kompetensi Inti-2, mengggunakan penilaian ....
A.
test
B.
tertulis
C.
lisan
D.
pengamatan dan non test
E.
penugasan
13. Regulasi
yang mengatur
tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan terdapat dalam ....
A. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun
2013
B. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54
Tahun 2013
C. Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 211
Tahun 2011
D. Peraturan
Menteri Agama Nomor 16 tahun 2010
E.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun
2007
14. Pengembangan
Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah di rintis pada tahun 2004 dan KTSP
2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu
A. Konsep
kurikulum KTSP 2006
B. Konsep kurikulum 2013
C. Konsep
Kurikulum 1999
D. Konsep
Kurikulum 1994
E. Konsep
KBK
15. Kompetensi
menurut PP 32/2013 Ps. 1 ayat (4)
A. Seperangka
tsikap, dan keterampilan yang harus di miliki, dihayati dan dikuasai oleh peserta
didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran
B. Seperangkat
sikap, dan pengetahuan yang harus dimiliki,
dihayati dan dikuasai oleh pesertadidik
C. Seperangkat sikap,pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki,
dihayati dan dikuasai oleh peserta didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran
D. Seperangkat
pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasahi oleh pesertadidik
E. Seperangkat
sikap, keterampilan yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasahi oleh peserta didik
setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran
16. Tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang
harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program.
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi
Dasar
C. Standar
kompetensi
D. Standarisi
E. indikator
17. Kemampuan untuk mencapai kompetensi inti yang harus di peroleh peserta
didik melalui pembelajaran.
A. Kompetensi
Inti
B. Standar
kompetensi
C. Indikator
D. Kompetensi Dasar
E. Standar
isi
18. Rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu
yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
A. Materi
pembelajaran
B. Kompetensi
inti
C. Kompetensi
dasar
D. Standar
isi
E. Silabus
19. Proses interaksi antar peserta didik, antara peserta didik dengan pendidik
dan sumber belajar
A. kompetensi
B. Pembelajaran
C. Sumber
belajar
D. Kegiatan
pembelajaran
E. Pembelajaran
terbimbing
20. Pedoman yang memuat strategi pembelajaran, metode pembelajaran,
teknik pembelajaran dan penilaian untuk setiap mata pejaran dan/atau tema pembelajaran
A. Pedoman
siswa
B. Buku
pedoman
C. Pedoman guru
D. Pedoman
belajar
E. Pedoman
pembelajaran
21. Buku
Teks Pelajaran adalah sumber pembelajaran utama untuk mencapai kompetensi dasar
dan kompetensi inti
A. Buku
guru
B. Bahan
pelajaran
C. Buku
panduan belajar
D. Buku
pengayaan
E. Buku teks pelajaran.
22. Kerangka
Dasar Kurikulum yang sesuai dengan standar nasional pendidikan berisikan landasan:
A. Filosofis
dan pedagogis
B. filosofis, sosiologis, psiko pedagogis, dan yuridis
C. Psiko
pedagogis dan sosiologis
D. Sosiologis
dan yuridis
E. sosiologis,
psiko pedagogis, dan yuridis
23. Tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang peserta
didik pada setiap tingkat kelas atau program
yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar
A. Standar
Kompetensi
B. Kompetensi
lanjutan
C. Stsnadar
lulusan
D. Kompetensi inti
E. Standar
proses
24. Kompetensi
Inti mencakup :
A. Sikap spiritual, sikap sosial , pengetahuan dan keterampilan
B. Sikap
social dan keterampilan
C. Sikap
spiritual dan keterampilan
D. Sikap
spiritual dan sosial
E. Pengetahuan
dan keterampilan
25. Landasan Pengembangan Kurikulum 2013
A. Aspek Filosofis, dan Aspek yuridis
B. Aspek Filosofis, Aspek yuridis dan Aspek
konseptual
C. Aspek
budaya dan Aspek konseptual
D. Aspek yuridis dan Aspek konseptual
E. Aspek yuridis dan Aspek konseptu, filosofis
26. Rasionalisasi Perubahan proses
pembelajaran ,
perubahan proses penilaian, dan menambah jam pelajaran merupakan
alasan:
A. Penyempurnaan kurikulum
B. Pengembangan Kurikulum
C. Penguatan
kurikulum
D. Perubahan
kurikulum
E. Konsep
kurikulum
27. Rumusan SKL Pada Kurikulum 2013 meliputi:
A. Sikap, keterampilan dan pengetahuan
B. Pengetahuan, sikap dan keterampilan
C. Pengetahuan, keterampilan dan sikap
D. Keterampilan sikap dan pengetahuan
E.
Sikap, pengetahuan, dan keterampilan
28. Pengintegrasi muatan pembelajaran, matapelajaran, atau program dalam mencapai SKL merupakan fungsi
:
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi
Dasar
C. Standar
kompetensi
D. Standarisi
E. Standar
nasional
29. Muatan pembelajaran yang mencakup sikap spiritual,
sikapsosial,pengetahuan dan keterampilan disebut :
A. Standar
kompetensi
B. Kompetensi
Inti
C. Standarisi
D. Kompetensi Dasar
E. Standar
nasional
30. Kontek
Kompetensi muatan pembelajaran, pengalaman belajar, mata pelajaran yang dikembangkan sesuai dengan Kompetensi Inti
A. Kompetensi Dasar
B. Standar
kompetensi
C. Kompetensi
Inti
D. Standarisi
E. Kompetensi
nasional
31. Perangkat operasional untuk memfasilitasi pengembangan, pelaksanaan
dan penilaian kurikulum :
A. Standar
kurikulum
B. Dokumen kurikulum
C. Struktur
kurikulum
D. Pengembangan
kurikulum
E. Dokumen
pembelajaran
32. Yang
tidak termasuk Dokumen kurikulum :
A. Dokumen
kurikulum setiap satuan pendidikanatau program pendidikan
B. Dokumen
kurikulum setiap maple
C. Dokumen proses pembelajaran
D. Pedoman
implementasi kurikulum
E. Dokumen
kurikulum setiap
33. Mengembangkan kemampuan
dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa,
A. Tujuan pendidikan nasional
B. Konsep
pendidikan nasional
C. Manfaat
pendidikan nasional
D. Isi
pendidikan nasional
E. Fungsi pendidikan Nasional
34.
Tema Pengembangan Kurikulum 2013
A.
Produktif, Kreatif, Inovatif,
Afektif.
B.
Produktif,
Inovatif, Afektif
C.
Produktif, Kreatif, Afektif
D.
Produktif, Kreatif, Inovatif,
E.
Kreatif, Inovatif, Afektif.
35. Yang tidak termasuk dalam Perubah elemen Pada Kurikulum 2013 :
A. Standar
Kompetensi lulusan
B. Standarisi
C. StandarPenilaian
D. Standar sarana dan prasarana
E. Standar
proses
36. Yang tidak termasuk
Program Strategi
Implementasi Kurikulum 2013 :
A. Implementasi terbatas kelas 1, kelas 4, kelas 7 dan
kelas 10 tahun 2013
B. Implementasi terbatas kelas 1,2
kelas 4,5 kelas 7 ,8 dan kelas 10,11
tahun 2015
C. Implementasi kelas 1,2, kelas 4, 5,kelas 7,8 dan kelas 10,11 tahun 2014
D. Implementasi kelas 1,2,3 kelas 4,5,6 kelas 7,8,9 dan kelas 10,11,12 tahun 2015
E. Implementasi
wajib menggunakan kurikulum 2013 kelas
1,2,3 kelas 4,5,6 kelas 7,8,9
dan kelas 10,11,12 tahun 2016
37. Regulasi
yang mengatur tentang Standar Penilaian pada kurikulum 2013:
A.
PP no 32 tahun 2013
B.
Permendikbud no 54 tahun 2013
C.
Permendikbud no 65 tahun 2013
D.
Permendikbud no 66 tahun 2013
E.
Permendikbud no 67 tahun 2013
38. Kurikulum 2013 secara legal dapat di implementasikan berdasarkan
regulasi ....
A. PP No 32 tahun 2013
B. Permendikbud
No 65 tahun 2013
C. Permendikbud
No 66 tahun 2013
D. Permendikbud
No 67 tahun 2013
E. PP No
74 tahun 2008
39. Yang
bukan termasuk Titik tekan pengembangan Kurikulum 2013:.
A. penyempurnaan pola pikir
B. penguatan tata kelola kurikulum
C. pendalaman dan perluasan materi
D. penguatan proses pembelajaran
E. pengembangan nilai-nilai budaya
40. Proses pembelajaran pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) lebih menekankan kepada....
A.
sciectific, kolabotarif dan inovatif
B.
kolaboratif, konstuktif dan imaginatif
C.
autentic, komprontatif dan imaginatif
D.
inspiratif, variatif dan inovatif
E.
eksploratif, elaboratif, dan konfirmatif
41. Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 lebih menekankan kepada....
A.
mengelola, menginput, menyimpulkan, mengobservasi, dan memeragakan
B.
mengkombinasikan, menyimpulkan, merekonstruksi, dan menyimpulkan
C.
mengeksplorasi, mengelaborasi, dan mengkonfirmasi
D.
mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, dan
menyimpulkan
E.
menjelaskan, mendidkusikan, mempresentasikan, dan mengkomunikasikan
42. Di bawah ini yang tidak termasuk komponen silabus ...
A.
identitas mata pelajaran
B.
identitas sekolah
C.
kompetensi inti dan kompetensi dasar
D.
materi pembelajaran
E.
Pengembanagan pembelajaran
43. kegiatan pembelajaran Di bawah ini beberapa strategi
implementasi kurikulum 2013, kecuali ....
A. Pelaksanaan kurikulum di semua jenjang
B. Pelatihan pendidik dan tenaga kependidika
C.
Penguaasaan konsep pembelajaran
D. Pengembangan buku siswa dan guru
E. Pengembangan buku siswa dan konsep remidial
44. Dimensi
Pengetahuan terdiri dari :
A.
Understanding, Remembering, Applying,
Evaluating, Analysis, Create.
B.
Understanding, Aplying, Analysis, Evaluating,
Create
C.
Remembering, Understanding,
Applying, Analiysis, Evaluating, Create.
D.
Remembering, Applying, Understanding,
Analysis, Evaluating, Create.
E.
Applying, Understanding, Analysis,
Evaluating, Create.
45. Pengembangan Kurikulum
2013 dilaksanakan atas dasar beberapa prinsip utama sebagai berikut, kecuali...
A. standar kompetensi lulusan
diturunkan dari kebutuhan.
B. standar isi diturunkan dari
standar kompetensi lulusan melalui kompetensi inti yang bebas mata pelajaran.
C. semua mata
pelajaran diikat oleh standar kopetensi dan kompetensi
dasar
D. semua mata pelajaran harus
berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta
didik.
E. mata pelajaran diturunkan
dari kompetensi yang ingin dicapai.
46. Pendekatan penerapan pembelajaran pada Kurikulum 2013
berbasis pada....
A. Kolaboratif
B. sciectific
C. konstruktiv
D. autentic
E. inspiratif
47. Penerapan penilaian pada Kurikulum 2013 berbasis pada....
A.
sciectific
B.
kolaboratif
C.
autentiK
D.
konstruktif
E.
inspiratif
48. Di bawah ini yang tidak termasuk komponen RPP adalah....
A.
identitas sekolah
B.
identitas mata pelajaran
C.
langkah-langkah penilaian
D.
kompetensi inti dan kompetensi dasar
E.
langkah-langkah pembelajaran
49. Yang termasuk ciri teknik penilaian autentik adalah....
A.
penilaian atas pengetahuan yang dimiliki peserta didik dan bersifat
sederhana
B.
tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik tidak memerlukan
keterlibatan yang luas dan kinerja yang kompleks.
C.
analisis proses yang digunakan bukan untuk menghasilkan respon peserta
didik atas perolehan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang ada.
D.
pengukuran langsung keterampilan peserta didik yang
berhubungan dengan hasil jangka panjang pendidikan seperti kesuksesan di tempat
kerja.
E.
tidak memerlukan keterlibatan peserta didik dalam melaksanakan tugas
50. Jenis
penilaian yang cocok untuk KI-4 adalah:
A. Tertulis
B. Praktik/unjuk kerja
C. Portofolio
D. Observasi
E. proyek
--- Selamat
dan Sukses ---
Komentar