Modul Pembelajaran Qur'an Surah : Al-Insyiroh. BAB.8/ PAI./SMP./Kelas 9/ Smtr 2
Contoh .cover depan .
Bahan Ajar
Quran Surah : Al-Insyiroah (94) ayat 1
sampai –8
Pendidikan Agama Islam
Kelas XI /Semester II
Disusun oleh:
NANA SURYANA S.Ag., M.Si.
NIP.196708202007011009
Lembaran Pengesahan
Disusun oleh:
NANA SURYANA S.Ag., M.Si.
NIP.176708202007011009
MENGETAHUAI :
KEPALA SEKOLAH
DEDI PARISA HERIANDI
NIP. 196202081984031005
SMP. NEGERI 2 GARAWANGI
TAHUN PELAJARAN
2015/2016
-------------------------------------------------------------------------------------------
Silabus PAI :
Standar Kompetensi (SK) .
Kompetensi dasar(KD).
Karakter Siswa.
Indikator Pencapaian Kompetensi.
Materi : Al-Quran Surat Al-Insiryroh ayat 1-8
Bab I. Kelas XI semester II.
Standar Kompetensi (SK)
|
Kompetensi Dasar(KD
|
Karakter siswa yang diharapkan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi waktu
|
Al-Quran dan Al-Hadits): al Qur’an surat al-Insyirah.
|
8.1 Menampilkan bacaan
QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar
|
Dapat dipercaya
( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
|
1. Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
2. Membaca keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan tartil dan
benar.
|
2 x 40 menit
|
8.2 Menyebutkan arti QS. al-Insyirah.
|
Dapat dipercaya
( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
|
1. Mengartikan masing-masing kata
dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
2. Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
3. Mengartikan keseluruhan ayat dalam
QS. al-Insyirah dengan benar.
|
2 x 40 menit
|
|
8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan
selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
|
Dapat dipercaya
( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
|
1. Menjelaskan
makna yang terkandung dalam QS. al-Insyirah.
2. Menjelaskan makna
bekerja keras dan berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS.
al-Insyirah.
3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri
kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
4. Mempraktikkan perilaku dalam bekerja
keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah
dalam kehidupan sehari-hari.
|
2 x 40 menit
|
|
Dalam sisi kehidupan manusia akan mengalami berbagai hal.dari semua
hal tidak ada yang sama. pasti kehidupan tersebut berbeda. Begitu pula setiap
kehidupan tidak selamanya bersama kita, pasti berubah, kadang kita hidup susah
kadang hidup kita senang begitu bentuk kehidupan kita.dalam bahasan QS.
Al-Insyirah memberikan gambaran bagaiman tentang kehidupan manusia ?. dan
bagaimana manusia itu dalam menjalankan kehidupannya ,untuk sekarang dan nanti
karena manusia adalah mahluk yang paling sempurna ?
Untuk lebih mengetahui dan menjawab . baiklah simak materi
pelajaran di bawah ini :
1. Asbabun Nuzul Surat
Al-Insyirah ayat 1-8
Surat ini di turunkan di kota mekkah maka surat ini tegolong dalam
surat makiyah.merupakan surat yang ke-94 dari urutan dalam alquran dengan
jumlah 8 ayat. Ayat ini turun ketika Nabi muhamad dan pengikutnya di cela oleh
orang kafir karena dalam keadaan kemiskinan (kefakiran).
surat alinsyroh diturunkan kepada nabi Muhamad sebagai penghibur.
Karena apabila kita syukuri terhadap nikmat allah maka allah akan
menambahkanNya dan sebaliknya apabila kita tidak mensyukuri apapun pemberrian
dari allahbaik yang menyenagkan atau yang menyedihkan, maka allah akan
menurunkan azab yang sangat pedih.
Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari al-Hasan bahwa
ketika ayat ini (al-Insyiroh;6) turun, Rasulullah saw bersabda: “Bergembiralah
kalian, karena akan datang kemudahan bagi kalian. Satu kesusahan tidak akan
mengalahkan dua kemudahan.
yang dimaksud dengan beban di sini ialah
kesusahan-kesusahan yang diderita nabi Muhammad s.a.w. dalam menyampaikan
risalah.
meninggikan nama nabi Muhammad s.a.w di sini
maksudnya ialah meninggikan derajat dan mengikutkan namanya dengan nama Allah
dalam kalimat syahadat, menjadikan taat kepada nabi termasuk taat kepada Allah
dan lain-lain.
Maksudnya: sebagian ahli tafsir menafsirkan apabila
kamu (Muhammad) Telah selesai berdakwah Maka beribadatlah kepada Allah; apabila
kamu Telah selesai mengerjakan urusan dunia Maka kerjakanlah urusan akhirat,
dan ada lagi yang mengatakan: apabila Telah selesai mengerjakan shalat
berdoalah.
2. Membaca
dengan tartil dan mengartikan QS Al-Insyirah (الانشر) 94
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ (1)
Artinya.” Bukankah kami Telah melapangkan
untukmu dadamu?,
وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ (2)
. Artinya.” Dan kami Telah
menghilangkan dari padamu bebanmu
الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ (3)
. Artinya.” Yang memberatkan
punggungmu
وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ (4)
Artinya.” Dan kami tinggikan bagimu sebutan
(nama)mu
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5)
. Artinya.” Karena Sesungguhnya
sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6)
. Artinya.” Sesungguhnya sesudah
kesulitan itu ada kemudahan.
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ (7)
. Artinya.” Maka apabila kamu Telah selesai
(dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain
وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ (8)
. Artinya.” Dan Hanya kepada
Tuhanmulah hendaknya kamu berharap
3. Hukum Bacaan (Tazwid) Q.S ; Al-insyirah
Lapad
|
Hukum bacaan
|
Keterangan bacaan
|
Cara membaca
|
keterangan
|
وَوَضَعْنَا
|
Mad asli atau mad thobi’i
|
Alif mati sebelum ada harokat patah
|
Hurup nun di baca panjang karenasebelum alif
manti ada hurufyang berharokat pathah yaitu nun
|
Hurup nun di baca 2 harokat
|
الَّذِي
|
Mad asli atau mad thobi’i
|
Ya mati sebelum berharokat kasroh
|
Hurup zal dibaca panjang karena sebelumya ya
mati ada huruf yng brharokat kasroh
|
Huruf zal dibaca panjang 2 harokat
|
الَّذِي
|
Alif lam samsyiyah
|
Alif lam yang di baca tidak jelas
|
Tidak membaca huruf alif lam
|
Setelah huruf alif lam samsyiyah ada huruf
yang bertasjid
|
مَعَ الْعُسْرِ
|
Alif lam komariyah
|
Alif lam yang di baca jelas
|
Alif lam yang dibaca jelas
|
Setelah huruf alif lam tidak ada huruf yang
bertasjid
|
أَلَمْ نَشْرَحْ
|
1.Izhar syafawi (huruf mim jika bertemu selain
huruf mim dan ba).
2.idghom mimi (hurup mim bertemu dengan huruf
mim)
3.ihfa safawi
(hurup mim bertemu dengan buruf ba)
|
ada hurup mim mati bertemu dengan huruf
ijaiyah .
|
Dibaca jelas huruf mimnya
|
Dibaca jelas huruf mimnya
|
عَنْكَ
|
ikhfa
|
Dibaca samar
|
||
صَدْرَكَ
|
Qolqolah
|
Ada huruf dzal ynang di sukun
|
Hurup dzalnya di pantulkan membanya
|
Dibaca dipantulkan dzal
|
4.
Mengartikan perkalimah (mufrodat) q.s Al-Insyirah
أَلَمْ
|
bukankah
|
نَشْرَحْ
|
Kami telah mrlapangkan
|
لَكَ
|
Bagi mu
|
صَدْرَكَ
|
Dadamu (muhammad)
|
وَوَضَعْنَا
|
Dan kamipun telah
|
عَنْكَ
|
Menurunkan darimu
|
وِزْرَكَ
|
beban
|
الَّذِي
|
yang
|
أَنْقَضَ
|
memberatkan
|
ظَهْرَكَ
|
punggung
|
وَرَفَعْنَا
|
Dan kami tinggikan
|
لَكَ
|
bagimu
|
ذِكْرَكَ
|
Sebutan(nama)mu
|
فَإِنَّ
|
Maka sesungguhnya
|
مَعَ
|
beserta
|
الْعُسْرِ
|
kesulitan
|
يُسْرًا
|
Ada kemudahan
|
إِنَّ
|
sesungguhnya
|
الْعُسْرِ
|
kesulitan
|
يُسْرًا
|
Ada kemudahan
|
فَإِذَا
|
Maka apabila
|
فَرَغْتَ
|
Engkau telah selesai
|
فَانْصَبْ
|
Tetaplah bekerja keras
|
وَإِلَ
|
Dan kepada
|
رَبِّكَ
|
Tuhanmualah darimu
|
فَارْغَبْ
|
Engkau berharap
|
5. Kandungan isi surah al-Insyirah.
Dalam tafsir At-Tabrani mnyebutkan bahwa:
Dalam ayat 5 dan 6 setiap kesulitan selau di ikuti dengan kemudahan
(dengan Solusinya)
Dan tidak mungkin kesulitan mengalahkan dua kemudahan
Setiap kesulitan dan kemudahan harus kita terima dengan lapang dada
karena pada hakekatnya merupakan pemberian dari Allah semata.
Jika kita tidak disyukurinya maka Allah akan menurunkan azab yang
sangat pedih kepada orang tersebut. Sebagaimana di firmankan dalam Q.S Ibrahim
(14) : ayat 7.
Allah berfirman “
وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَٮِٕن
شَڪَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡۖ وَلَٮِٕن ڪَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيد۬
Artinya. ‘Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan:
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat)
kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku
sangat pedih.
_______________________________________________________________
Untuk uji kompetensi dari materi ini lihat label contoh soal
Komentar