Pesan-pesan Surah At-Tin/. Modul Pembelajaran Bab.1.SMP/ semester 1
NAMA
SISWA
|
|
KELAS
|
MODUL PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(KTSP)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(KTSP)
KODE MODUL
:
|
PAI/9/1/2015
|
Tema : Pesan Pesan Allah dalam Surah At-Tin
Kelas :
IX ( sembilan ) Semester I
Waktu : 4
JTM
Disusun
oleh
Nana Suryana.S.Ag.,M.Si
NIP. 19670820 200701 1 009
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
KABUPATEN KUNINGAN
Tahun Ajaran 2015
KABUPATEN KUNINGAN
Tahun Ajaran 2015
LEMBARAN PENGESAHAN
MODUL
PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
(KTSP)
KODE
MODEL :
|
PAI/9/1/2015
|
Tema : pesan pesan Allah dalam surah At-Tin
Kelas :
IX ( sembilan ) Semester I
Waktu
:
4 JTM
Disusun
oleh:
Nana Suryana.S.Ag.,M.si
NIP. 19670820 200701 1 009
Mengesahkan :
Kepala SMPN.2 Garawangi
Dedi Parisa Heriandi., M.Pd
NIP: 19620308198403 1005
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN KUNINGAN
2015/2016 ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++=== Modul pembelajaran
Pesan
Allah dalam surah at- Tin
Perhatikan
gambar di bawah ini dan ungkapkan apa pendapatmu!
(Sumber
: http://www.jurnalaqidah.net )
Al-qur;an
menjelaskan bahwa di hari kiamat nanti rasulullah saw. Akan mengadu kepada Allah
Al-furqan [25]
:30).
وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي
اتَّخَذُوا هَٰذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا
Artinya :”Berkatalah Rasul: "Ya
Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al Qur'an ini suatu yang di
abaikan (mahjura)".
Kata mahjura menurut Ibnu qoyim tersebut di antaranya :
1.
Tidak tekun mendengarkannya
2.
Tidak mengindahkan halal dan haram walau
dipercaya dan di baca
3.
Tidak menjadikan rujukan dalam menetapkan
hukumyang menyangkut prindip ajaran agama dan perinciannya .
4.
Tidak berupaya memahami apa yang di kehendaki
Allah yang menurunkannya
5.
Tidak menjadikan obat bagi yang mempunyai
penyakit rohani.
Bukankah kalian tidak mau termasuk kepada orang yang di dadukan
rasulullah saw.? Jika demikian pelajari dan pahami dan apalkan Al- quran dalam
kehidupan ini.. dalam pembahasan kali ini kalian akan membahas pembelajaran Alquran yaitu surah At-Tin dengan benar. Menjelaskan makna dengan benar
dan mengamalkan pesan –pesan pokok dari QS.At-Tin.
A.
Q.S.
At-Tin 1-8
Membaca dengan tartil Q.S.
At-Tin 1-8
بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيۡتُونِ (١) وَطُورِ سِينِينَ (٢) وَهَـٰذَا ٱلۡبَلَدِ ٱلۡأَمِينِ (٣) لَقَدۡ
خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ فِىٓ أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٍ۬ (٤) ثُمَّ رَدَدۡنَـٰهُ أَسۡفَلَ سَـٰفِلِينَ (٥) إِلَّا
ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ فَلَهُمۡ أَجۡرٌ غَيۡرُ
مَمۡنُونٍ۬ (٦) فَمَا
يُكَذِّبُكَ بَعۡدُ بِٱلدِّينِ (٧) أَلَيۡسَ ٱللَّهُ بِأَحۡكَمِ ٱلۡحَـٰكِمِينَ (٨)
B.
Terjemah (ARTI)
Surah At-Tin per ayat
Dalam bahasa inggris tin
diterjemahkan menjadi timah
وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيۡتُونِ (١)
Demi [buah] Tin dan [buah] Zaitun [1],
وَطُورِ سِينِينَ (٢)
dan demi bukit Sinai [2],
وَهَـٰذَا ٱلۡبَلَدِ ٱلۡأَمِينِ (٣
dan demi kota [Mekah] ini yang aman, (3)
لَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ فِىٓ أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٍ۬
(٤)
sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam
bentuk yang sebaik-baiknya. (4)
ثُمَّ رَدَدۡنَـٰهُ أَسۡفَلَ سَـٰفِلِينَ (٥)
Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang
serendah-rendahnya [neraka], (5)
إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ
فَلَهُمۡ أَجۡرٌ غَيۡرُ مَمۡنُونٍ۬ (٦)
kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal
saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya. (6)
فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعۡدُ بِٱلدِّينِ (٧)
Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan [hari]
pembalasan sesudah [adanya keterangan-keterangan] itu? (7
أَلَيۡسَ ٱللَّهُ بِأَحۡكَمِ ٱلۡحَـٰكِمِينَ (٨)
Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya? (8)
C. Terjemah Perkata (mufrodat) Surat At-Tin
No
|
Mufrodat
|
Arti
|
No
|
Mufrodat
|
Arti
|
1
|
وَٱلتِّينِ
|
Demi buah tin
|
20
|
امَنُو
|
Mereka beriman
|
2
|
وَٱلزَّيۡتُونِ
|
Demi buah zaitun
|
21
|
وَعَمِلُو
|
Dan mereka melakukan
|
3
|
وَطُورِ
|
Demi bukit Tur
|
22
|
اْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ
|
Kebajikan/amalan soleh
|
4
|
سِينِينَ
|
Gurun sinai
|
23
|
فَلَهُمۡ
|
Maka bagi mereka
|
5
|
وَهَـٰذَا
|
Dan demi
|
24
|
اأَجۡرٌ
|
pahala
|
6
|
ٱلۡبَلَدِ
|
negeri
|
25
|
غَيۡرُ
|
tidak
|
7
|
ٱلۡأَمِينِ
|
Yang aman
|
26
|
مَمۡنُونٍ۬
|
Putus-putus
|
8
|
لَقَد
|
sesunggunnya
|
27
|
فَمَا
|
Maka apa sebabnya
|
9
|
خَلَقۡنَا
|
Kami telah menciptakan
|
28
|
يُكَذِّبُكَ
|
Mereka mendustakan mu
|
10
|
ٱلۡإِنسَـٰنَ
|
manusia
|
29
|
بَعۡدُ
|
setelah
|
11
|
فِى
|
Dalam
|
30
|
بِٱلدِّينِ
|
Adanya /datang agama
|
12
|
أَحۡسَن
|
Paling baik
|
31
|
أَلَيۡسَ
|
bukankah
|
13
|
تَقۡوِيمٍ۬
|
bentuk
|
32
|
ٱللَّهُ
|
Allah
|
14
|
ثُمَّ
|
kemudian
|
33
|
بِأَحۡكَمِ
|
Paling bijaksana
|
15
|
رَدَدۡنَـٰهُ
|
Kami kembalikan
|
34
|
ٱلۡحَـٰكِمِينَ
|
hakim
|
16
|
أَسۡفَلَ
|
Paling rendah
|
|||
17
|
سَـٰفِلِينَ
|
Serendah rendahnya
|
|||
18
|
إِلَّا
|
kecuali
|
|||
19
|
ٱلَّذِينَ
|
Orang-orang
|
D. Hukum
Tazwid Q.S At-Tin 1-8
No |
Mufrodat |
No |
Mufrodat |
||
1 |
وَٱلتِّينِ
|
1.
Alif lam syamsiayah
2.Mad
thobii |
16 |
إِلَّا
|
musadad |
2 |
وَٱلزَّيۡتُونِ
|
1.alif lam syamsiyah
2 mad lin
3.mad arid lisukun
|
17 |
ٱلَّذِينَ
|
Mad
thobi i |
3 |
وَطُورِ
|
Mad
thobii wau |
18 |
امَنُو
|
Mad
thobi i wau |
سِينِينَ
|
Mad
thobii Iya Mad ari lisukun |
19 |
وَعَمِلُو
|
||
4 |
وَهَـٰذَا
|
20 |
اْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ
|
Lif lam komariyah
Mad badal
Mad badal
|
|
5 |
ٱلۡبَلَدِ
|
Alif
lam qomariyah |
21 |
فَلَهُمۡ اأَجۡرٌ
|
Idhar
safawi |
6 |
ٱلۡأَمِينِ
|
Alif
lam qomariyah Mad ard lisukun |
Qolqolah
sugro |
||
7 |
لَقَد
|
qolqolah |
22 |
غَيۡرُ
|
|
8 |
خَلَقۡنَا
|
23 |
مَمۡنُونٍ۬
|
Mad
arid li sukun |
|
9 |
ٱلۡإِنسَـٰنَ
|
Alif
lam qomariyah Mad badal |
24 |
فَمَا
|
Mad
thobi i |
10 |
فِى
|
Maz jaiz |
25 |
يُكَذِّبُكَ
|
musadad |
11 |
أَحۡسَن
|
26 |
بَعۡدُ
|
||
12 |
تَقۡوِيمٍ۬
|
qolqolah |
27 |
بِٱلدِّينِ
|
musadad |
13 |
ثُمَّ
|
gunah |
28 |
أَلَيۡسَ
|
Mad
lin |
14 |
رَدَدۡنَـٰهُ
|
Qolqolah
sugro Mad badal |
29 |
ٱللَّهُ
|
Wajib tafhim
lapad allah |
15 |
سَـٰفِلِينَ
|
Mad
thobi i |
30 |
ٱلۡحَـٰكِمِينَ
|
Alif
lam qomariyah Mad thobii Mad arid lisukun |
E.
Pesan pokok
surah At-Tin
Dalam surah
At-tin di uraikan jenis manusia potensi baik dan buruknya dan jika ingin
mengembangkan potensinya baiknya adalah wajar jika mereka menjadikan Nabi
muhamad saw .yang merupakan insane kamil sebagai suri tauladan serta mengikuti
petunjuk petunjuk Allah yang selama ini telah menurunkan wahyu kepada para nabi
.
Di dalam surah
At-tin ada beberapa pesan pokok tersebut
yaitu :
a.
Jika ingin menjadi manusia maka wajib hukumnya
untuk meneladani akhlak Rusulullah
b.
Manusia harus menyukuri semua karunia dari
Allah, termasuk akal dan nafsu . karena dua potendi tersebut manusia dapat hidup berkembang
dan mampu mengendalikan hidupnya.
c.
Manusia harus beriman terhadap semua keterangan
(wahyu) uyang di turunkan melalui para rasul.manusia juga harus
mengerjakan kebajikan .jika ia tidak ingin jatuh kejurang kehinaan (neraka)
dan kesengsaraan .
d.
Pahala bagi orang-orang yang beriman dan
beramal saleh itu tidak akan pernah putus .pahala itu akan akan tetap mengalir
walaupun ia sudah meninggal dunia .
e.
Hari pembalasan sudah pasti datang dan setiap manusia harus
mempertanggungjawabkan perbuatannyan di hadapan Allah swt
f.
Allah itu hakim yang maha adil . Allah itu
tidak akan menzalimi hambanya.
F.
Uji
Kompetensi :
I.
PILIHAN GANDA
Pilihlah
jawaban yang paling tepat !
a. Makiyah
b. Madaniyah
c. Kurdiyah
d. Syuriyah
2. Lapad غَيۡرُ
مَمۡنُونٍ۬ di artikan
a. tidak terputus putus
b. berjalan terus
c. tiada henti
d. semuanya benar
3. Hukum bacaan dibawah ini yang .mengandung hukun bacaan mad jaiz munfasil
a.
لَقَدۡ خَلَقۡنَا
b أَحۡسَنِ
c. خَلَقۡنَا
ٱلۡإِنسَـٰنَ
d. أَسۡفَلَ
سَـٰفِلِينَ
4. Bacaan yang mengandung hukum bacaan ihfa.
a. خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ
b. وَطُورِ سِينِينَ
c.
قَدۡ خَلَقۡنَا
d. وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيۡتُونِ
5. Tafsir dari lapad ٱلۡبَلَدِ
adalah....
a. Kota mekah
b. Negeri makah
c. daerah mekah
d. jajirah arab
6. Lapad أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٍ۬ diaetikan mahluk tang sangay sempurna arau
mahluk yang sangat bagus dalam bentuknya
karena memiliki tiga hal yakni :
a. Nafsu
b. Hati
c. Akal
d. benar semua
7. Ada beberapa arti dari kata Tin yang ditafsirkan sebagai……
a. Pohon/buah
ara
b. timah
c. Salah
satu bukit di damaskus
d. betul semua
8. Lapad غَيۡرُ مَمۡنُونٍ۬ di
artikan
a. tidak terputus putus
b. terputus
c. abadi
d. sesaat
9. Lapad زَّيۡتُونِ
selain ditafsirkan sebagai buah zaitun juga ditafsirkan sebagai tempat di
sebuah gunung di yerusalem tempat Nabi Isa As
di selamatkan dari usaha pembunuhan.
a. jabal Ro’si
b. al-quds
c. jabal
Rahmah
d.jabal Nur
10. Hukum
bacaan yang terdapat pada lapad ٱلۡإِنسَـٰنَ yakni :
a. Alif lam qomariyah
b. Mad
badal
c .( a
dan b) betul
d. (a dan b ) salah
11. Lapad عَمِلُو ditafsirkan
11. Lapad عَمِلُو ditafsirkan
a. amal
b.suatu
aktivitas
c. sesuatu
perbuatan yang di sengaja
d. semua
benar
12.ilmu Al-qur;an yang membahas mengenai latar belakang atau
sebab-sebab suatu atau beberapa ayat Al-qur;an diturunkan disebut
a. ilmu tafsir
b. terjemah
c. asbabul Nuzul
d. salah semua
13.
Setelah hancurnya sistem kekhalifahan, kota mekah ini disatukan di bawah
pemerintahan arab Saudi oleh ………………kemudian menjadi pelayan bagi kedua
kota suci islam Mekkah dan Madinah
a. Abdul azis bun Suud
b. Aisah
c. Ummayah
d, Abbasyah
14. Sebagai penduduk pertama kota mekah yakni….
a.
Ibrahim
b. Nabi ismail dan hajar
c. abdul
mutholib
d. abdul azzis
15.ada beberapa tempat- tempat sangat
sakral di kota makkah kecuali
a.
ka’bah
b.
masjidil harom
c. air
zam-zam
d. madinah
16. Surat
at-Tin merupakan termasuk kedalam kelompok
Surat Makiyyah merupakan
wahyu ke………………
a.
27
b. 28
c. 82
d. 29
17. Surah At-Tin terdiri dari……………………
a. 8 ayat berada dalam Juz ke 30
b. 7 ayat berada dalam Juz ke 30
c. 9 ayat berada dalam Juz ke 30
d. 6 ayat berada dalam Juz ke 30
18. surah At-Tin merupakan surat ke………………….dalam susunan
mushaf Al-qur’an .
a .
95
b. 96
c. 96
d. 98
19. Sebelum Surat At-Tin ini turunkan pula surah………..
a. quraisy
b. surat Al-buruj
c. An-nas
d. al-alaq
20.
sesudah surat at-Tin maka turub surat
a. quraisy
b. surat Al-buruj
c. anas
d. al-alaq
1. Salin
dan beri sakal pada ayat di bawah ini
2. Hukum
bacaan pada lapad ٱللَّهُ adalah……..
3. Tuliskan
Arti ayat di bawah ini
لَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ فِىٓ أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٍ۬
4. Terangkan
kandungan dari surat at-Tin ayat 1-2 dan 3
5. Apa
pesan yang di sampaikan dari surat At-Tin
yang kalian ketahui
memeberikan tanggapan perbedaan manusia dengan binatang
MANUSIA BINATANG/ HEWAN
Lembaran
Jawaban
I.Pilihan ganda
No
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
9
|
||||
10
|
||||
11
|
||||
12
|
||||
13
|
||||
14
|
||||
15
|
||||
16
|
||||
17
|
||||
18
|
||||
19
|
||||
20
|
II.
Jawaban Esay
1.
|
…………………………………………………………………………………
|
…………………………………………………………………………………
|
|
2.
|
…………………………………………………………………………………
|
…………………………………………………………………………………
|
|
3.
|
…………………………………………………………………………………
|
…………………………………………………………………………………
|
|
4.
|
…………………………………………………………………………………
|
…………………………………………………………………………………
|
|
5.
|
…………………………………………………………………………………
|
…………………………………………………………………………………
|
Nilai Guru PAI
|
Paraf orang tua
|
Komentar