adsmob1

Bahan Ajar Bab.2. Menutup Aurat (PAI SMA kelas X kurtilas semester.1)

Konsep dasar  menutup Aurat bagi wanita yang sesuai dengan perintah Allah dan Rasul melalui :
       1.       Q.S. Al-Ahzab/33. Ayat :59
           
               يا أيها النبي قل لأزواجك وبناتك ونساء المؤمنين يدنين عليهن من جلابيبهن ذلك أدنى أن يعرفن فلا يؤذين وكان الله غفورا 
      رحيما
             Artnya :" Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang        mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian          itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah                adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.  Q.S. al-Ahzab/33:ayat : 59

       2.       Q.S. An-Nµr/24:31

            وقل للمؤمنات يغضضن من أبصارهن ويحفظن فروجهن ولا يبدين زينتهن إلا ما ظهر منها وليضربن بخمرهن على جيوبهن  ولا يبدين زينتهن إلا لبعولتهن أو آبائهن أو آباء بعولتهن أو أبنائهن أو أبناء بعولتهن أو إخوانهن أو بني إخوانهن أو بني أخواتهن أو نسائهن أو ما ملكت أيمانهن أو التابعين غير أولي الإربة من الرجال أو الطفل الذين لم يظهروا على عورات النساء ولا يضربن بأرجلهن ليعلم ما يخفين من زينتهن وتوبوا إلى الله جميعا أيها المؤمنون لعلكم تفلحون
       Atinya  : "Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya,      dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang    (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan    janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah  suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-  saudara laki-    laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka,  atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan- Pelayan laki-laki  yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang  belum mengerti tentang  aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka  sembunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai  orang-orang yang beriman supaya  kamu beruntung (.Q.S. An-Nµr:24 Ayat :31)

       3.       (Q.S. Al-Ma’āaru /70: Ayat 29 sampai 31)
              Q.S. Al-Ma’āaru /70: Ayat 29)

               والذين هم لفروجهم حافظون
               Artinya ;"Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya,
  
              Q.S. Al-Ma’āaru /70: Ayat 30)

               إلا على أزواجهم أو ما ملكت أيمانهم فإنهم غير ملومين
               Artinya:"kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak-budak yang mereka miliki maka                        sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

         Q.S. Al-Ma’āaru /70: Ayat 31)
               فمن ابتغى وراء ذلك فأولئك هم العادون
              Artinya:"Barangsiapa mencari yang di balik itu, maka mereka itulah orang-orang yang                         melampaui batas.

       4.       (Q.S. Al-Isrāa’/17:32).
           
             ولا تقربوا الزنى إنه كان فاحشة وساء سبيلا
             Artinya :" Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan            yang keji dan suatu jalan yang buruk.
              

1. Menutup aurat adalah kewajiban agama yang ditegaskan dalam al-Qur’ān maupun hadist  Rasulullah saw.
2. Kewajiban menutup aurat disyari’atkan untuk kepentingan manusia itu sendiri sebagai wujud kasih  sayang dan perhatian Allah Swt. terhadap kemaslahatan hamba-Nya di muka bumi.
3. Kewajiban bagi kaum mukminah untuk mengenakan jilbab untuk menutup auratnya kecuali    terhadap beberapa golongan.
4. Dalam Q.S. al-Ahzāb/33:39 ditegaskan perintah menggunakan jilbab dan memanjangkannya  hingga ke dada, dengan tujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada setiap mukminah.
5. Hadis dari Ummu A¯iyyah berisi anjuran kepada setiap muslimah untuk menghadiri śalat I´dul  Fitri dan I‘´dul Adha meskipun sedang haid atau dipingit. Sementara yang tidak memiliki jilbab,  dia bisa meminjamnya dari saudara seiman.
6. Allah Swt. berfirman dalam Q.S. an-Nµr/24:31 untuk menjaga pandangan, memelihara kemaluan,  dan tidak menampakkan aurat, kecuali kepada: suami, ayah suami, anak laki-laki suami, saudara  laki-laki, anak laki saudara lakilaki, anak lelaki saudara perempuan, perempuan mukminah, hamba  sahaya, pembantu tua yang tidak lagi memiliki hasrat terhadap wanita.

7. Allah Swt. memerintahkan setiap mukmin dan mukminah di dua ayat ini untuk bertaubat untuk  memperoleh keberuntungan.

mohon kembangkan dengan versi keyakinan masing-masing dengan patokan dasar diatas

Komentar

Zoosk - Online Dating

Posts populer

Isi Kandungan dan pesan dari Surat Al-Hujurat[ 49 ] : ayat 12

NASKAH SOAL ULANGAN KD. Q.S Al-Insyrah./ kls 9 Semester 2

Husnuzzan [Materi Pelajaran PAI SMA /Kls 10 /Bab 4/Semester.1 /Kurtilas ]

Ayat-ayat Al-qur'an yang menerangkan di turunkannya kitab-kitab suci ( Taurat, Zabur ,Injil dan Al-qur'an)

Uji Konpetensi PAI BAB.10 Beriman Kepada Qada dan Qadar