adsmob1

Hadist Tentang Kebersihan./Bahan Ajar Bab.9 (PAI /9/smtr.1/ KTSP)

I. Pengertian kebersihan.
Kebersihan merupakan kunci kualitas kesehatan seseorang baik kesehatan jasmani, Kesehatan hati  maupun Kesehatan rohani. Apabila seseorang menjada kesehatan jasmani dan hati serta Rohani maka dia akan terhindar dari jenis penyakit, baik jasmani , penyakit hati  maupun  Rohani. Kebersihan dari kata dasar bersih Arti bersih secara bahasa adalah bebas dari kotoran,suci atau bening. Kebersihan menurut luas yang di tinjau oleh  agama islam yakni  tidak mengandung noda atau kotoran.
Katagori kebersihan menurut agama islam terbagi 4 bagian  yakni:
1.    Bersih lahir (zahir) yakni kebersihan berkenaan dengan  bersih  jasmani yakni menjaga kebersihan jasmani kita agar terhindar {terlepas} jenis bibit penyakit yang berasal dari kotoran ( dengan makna yakni suci dari hadast besar dan kecil). Untuk menjaga kesehatan jasmani  maka kita harus mandi, sikat gigi,makan teratur.istirahat yang cukup. Bagi orang tidak bisa menjaga kesehatan jasmaninya maka ia akan sakit dan jika sakit jasmaninya maka sudah pasti tempatnya Rumah Sakit Umum (RSU).ada dua hal yang mempengari kesehatan jasmani kita yakni :
a.    Bersih  Lingkungan rumah/ keluarga   :
Beberapa hal untuk menjaga kebersihan rumah adalah :
a.       Menyapu lantan dan halaman rumah
b.      Mengepel lantai
c.       Cuci tangan sebelum makan
d.      Menguras bak mandi
e.       Mencuci,masak,dan minum dengan menggunkan air bersih.
f.       Membuang sampah pada tempatnya. Dll;
b.   Kebersihan Lingkungan sekolah.         :
Sekolah merupakan lingkungan kedua dari rumah, maka kebersihannya pun harus kita jaga agar dalam belajar mengajar kita tidak mengalami gangguan dan kendala dari  kesehatan siswa dan lingkungan sekolah. Hal –hal yang perlu diperhatikan dalan menjaga kesehatan lingkungan sekolah yakni :
a.       Melaksanakan tugas piket membersihkan ruangan kelas.
b.      Bersihkan sampah pada kolong banku anda dan membuanglah sampah pada tempatnya
c.       Tidak mengotori fasilitas sekolah dengan coretan- coretan tidak bertanggung jawab.
d.      Jangan jajan sembarangan liat dulu fasilitasnya bersihnya  atau jenis makanannya jajanan yang kita makan mengandung bahan pengawet atau tidak. ( lihat lebel Halal dari MUI jika tidak ada berarti diragukan kalau bisa jangan di makan ). Dll.

2.      Bersih  Batin{ hati/ perasaan/ qolbu}: hati adalah bagian yang terpenting dari diri kita.kesehatan hati pun harus kita jaga agar tidak terjangkit oleh penyakit hati seperti : prasangka jelek kepada orang lain (su’udzhon), iri,. hasad, dengki, serakah, menghina, mencela, suka menyebarkan fitnah dll.
Obat dari penyakit hati ini adalah : selalu kona’ah, sabar, iklas, tawekal,serta mampu menerima qodho dan kodar.  
   3.      Bersih  Rohani :
Roh adalah merupakan element  yang sangat kuat yang mampu bertahan dalam beberapa alam dari mulai alam dunia, alam kubur, alam mahsar bahkan sampai alam Akhirat atau alam kekekalan dimana ruh kita akan tinggal.  Apakah di surga?   atau di neraka ..?... setelah itu ruh kita tinggal bersipat Abadan abada ( kekal selamanya). 
Ada 2 macam penyakit Ruh yang penyebabnya adalah  ganguan setan dan jin . Adapun penyakit ruh tersebut adalah :
a. tidak patuh  terhadap perintah Allah dan rasul muhamad  seperti : tidak,  bayar zakat, tidak melaksanakan Salat 5 waktu dan tidak melaksanakan puasa,
b. tidak patuh terhadap apa yang telah dilarang oleh  Allah dan rasul Muhammad. Seperti : makan daging babi,  melaksanakan maksiat jinah  dan minum minuman keras ( ber- al-kohol), mengkonsumsi obat –obatan terlarang dll.
Untuk menjaga kesehatan Ruh kita yakni obatnya menjaga keimanan kita.dengan menjalankan rukun iman dan rukun Islam ,dan menjadikan bahwa  al-qur’an dan hadist  sebagai pegangan dalam menjalankan kehidupan hidup.  
    4.        Kebersihan Jiwa atau pikiran  (Ro’yu) :
jiwa atau pikiran juga merupakan bagian penting dari diri kita. Karena dengan pikiran orang mampu bisa membedakan yang baik dan yang salah . Jjika kita tidak bisa menjaga kesehatan  pikiran kita sudah tentu pikiran kita pun akan sakit . adapun jenis  dari penyakit pikiran kita yakni  ; 
1.      Lupa ingatan bersipat sementara akibat dari pengarum minuman dan obat- obatan terlarang
2.      Lupa Ingatan bersifat permanen akibat ketuaan dan  terganggu ingatan (gila). Orang yang mengalami  sakit jiwa tentu tempatnya Rumah Sakit Jiwa (RSJ).


  II. Arti Mufrod dari Hadist Kebersihan :

No
Mufrodat hadist
Artinya
1
وعن
Dan dari
2
ابي
abu
3
مالك
maliki
4
الحا رث
Al haris
5
ابن
bin
6
عا صم
‘Asim
7
الا شعري
Al Asy’ari
8
رضي
Semoga merido’i
9
الله
Allah
10
عنه
kepadanya
11
قال
Ia berkata
12
قال
Telah bersabda
13
رسول 
Rasul (muhammad)
14
الله
Allah
15
صلى
Semoga selawat
16
الله
Allah
17
عليه
kepadanya
18
و سلم 
Dan
19
الطهور
Kebersihan itu
20
شطر
sebagian
21
الا ئيما ن
iman
22
والحمد
Dan segala puji
23
الله
Allah (bagi Allah)
24
والحمد
Dan segala puji
25
تملآ ن
Memenuhi dua hal
26
او
atau
27
تملآ
memenuhi
28
ما
Apa-apa
29
بين
diantara
30
السموا ت
langit
31
والارض
bumi
32
رواه
Riwayat (dari hadist)
33
مسلم
muslim











































     III.          Hadist Tentang Kebersihan.

Sabda Rasulullah saw:

وعن ابي مالك الحارث ابن عاصم الاشعري رضي الله عنه  قال : قال  رسول الله  صلى الله عليه   وسلم : الطهور شط ر الا يمان , والحمد لله تملآ الميزان  وسبحان الله والحمد لله ثملآنا اوتملا ما بين السوات  والارض ( رؤا ه مسلم ) 

  Artinya : Dan dari abu malik al Haris bin Asyim al Asy’ari r.a. ia berkata :telah bersabda Rosullah  saw.  :  kebersihan itu sebagian dari iman dan bacalah Hamdallah  (pahalanya) adak memenu hi  timbangan  dan bacaan Tasbih dan hamdallah (pahalanya) akan memenuhi dua hal  atau  memenuhi apa-apa yang ada di langit dan di bumi.(H.R. Muslim) .

Sabda Rasulullah saw:

عن سعدبن ابي وقا ص رضي الله عنه  قال : قال  رسو ل الله  صلى الله عليه وسلم : ان الله نظيف يحب النطا فة, فنظفوا افنيتكم
  ( روا ه التر مد ي )

Artinya : dari sa’ad bin abu waqas r.a.ia berkata : Telah bersabda rasulullah saw :sesungguhnya Allah itu bersih dansuka kepada yang bersih oleh sebab itu bersikanlah lingkunganmu. (HR Tirmidi).

Dan mengenai kebersihan lebih ditegaskan lagi dalam Al-qur’an : bahwa Agama Islam agama yang sangat mencintai dengan kebersihan sebagamana di Firmankan  Allah dalam QS. Al-baqorah (2) : ayat 222. 
  ان اللة يحب التو انين و يحب المتطهر ين 

Artinya : “. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.) Al-baqorah (2) : ayat 222.
 Kandungan ayat di atas  menegaskan bahwa Agama islam sangat mencintai kebersihan. coba lihat dalam melaksanakan ibadah di anjurkan terlebih dahulu untuk suci dari hadast besar dengan mandi junub, serta suci dari hadas kecil dengan mandi dan berwudlu. Jika tidak meksanakannya maka ibadahnya tidak sah.

Komentar

Zoosk - Online Dating

Posts populer

Isi Kandungan dan pesan dari Surat Al-Hujurat[ 49 ] : ayat 12

NASKAH SOAL ULANGAN KD. Q.S Al-Insyrah./ kls 9 Semester 2

Husnuzzan [Materi Pelajaran PAI SMA /Kls 10 /Bab 4/Semester.1 /Kurtilas ]

Ayat-ayat Al-qur'an yang menerangkan di turunkannya kitab-kitab suci ( Taurat, Zabur ,Injil dan Al-qur'an)

Uji Konpetensi PAI BAB.10 Beriman Kepada Qada dan Qadar