CONTOH RPP PAI /kls 8 /smter1)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 2 Garawangi
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.1 Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
.Siswa dapat Mepraktekkan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan.
.Siswa dapat Mepraktekkan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Bacaan Qalqalah dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan Tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas
rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap
kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
· Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak
mengandung bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq.
2). Elaborasi
· Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam
kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·
Guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Membaca bacaan qalqalah dengan benar.
§ Membaca bacaan ra tebal dengan benar.
§ Membaca bacaan ra tipis dengan benar.
§ Menerapkan hukum bacaan qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS.
al-Lahab.
§ Menerapkan hukum bacaan ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
· Bacalah potongan-potongan ayat berikut dengan
memperhatikan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq!
![]() ![]() ![]()
مَآ أَغْنى
عَنْهُ مَالُه وَمَا كَسَبَ (٢) سَيَصْلى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (٣) وَامْرَأَتُهُ
حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (٤) فِي جِيْدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ
(٥) ( اللهب : ۱-٥)
![]()
( الحج : ۱٨)
|
Rubrik/Pedoman
penilaian :
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
·
Kelancaran
·
Bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq
·
Makhraj
|
·
Membaca dengan lancar
·
Tidak melakukan kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
100
|
·
Membaca dengan lancar
·
Melakukan 1-2 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
90
|
|
·
Melakukan 3-4 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
80
|
|
·
Melakukan 5-6 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
70
|
|
·
Melakukan 7-8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
60
|
|
·
Melakukan
lebih dari 8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta
makhrajnya
|
50
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
DEDI
PARISA HERIANDI, M.Pd
NIP.
19620208 198403 1 005
|
Garawangi, Juli 2013
Guru
Mata Pelajaran,
NANA
SURYANA, S.Ag.,M.Si
NIP.
19670820 200701 1 009
semoga bermanfaat. selajutnya bisa kita membuat RPP dengan melihat patokan silabus Diknas atau Depag.
|
Komentar