CONTOH RPP PAI /kls 8 /smter1)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 2 Garawangi
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.1 Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
.Siswa dapat Mepraktekkan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan.
.Siswa dapat Mepraktekkan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Bacaan Qalqalah dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan Tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas
rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap
kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
· Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak
mengandung bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq.
2). Elaborasi
· Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam
kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·
Guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
· Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
·
VCD pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Membaca bacaan qalqalah dengan benar.
§ Membaca bacaan ra tebal dengan benar.
§ Membaca bacaan ra tipis dengan benar.
§ Menerapkan hukum bacaan qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS.
al-Lahab.
§ Menerapkan hukum bacaan ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
· Bacalah potongan-potongan ayat berikut dengan
memperhatikan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq!
تَبَّتْ يَدَا
أَبِيْ لَهَبٍ وَتَبَّ (۱)
مَآ أَغْنى
عَنْهُ مَالُه وَمَا كَسَبَ (٢) سَيَصْلى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (٣) وَامْرَأَتُهُ
حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (٤) فِي جِيْدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ
(٥) ( اللهب : ۱-٥)
وَمَنْ يُهِنِ اللهُ
فَمَا لَه مِنْ مُكْرِمٍ إِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَا يَشَآءُ
( الحج : ۱٨)
|
Rubrik/Pedoman
penilaian :
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
·
Kelancaran
·
Bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq
·
Makhraj
|
·
Membaca dengan lancar
·
Tidak melakukan kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
100
|
·
Membaca dengan lancar
·
Melakukan 1-2 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
90
|
|
·
Melakukan 3-4 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
80
|
|
·
Melakukan 5-6 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
70
|
|
·
Melakukan 7-8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam
jalalah serta makhrajnya
|
60
|
|
·
Melakukan
lebih dari 8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta
makhrajnya
|
50
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
DEDI
PARISA HERIANDI, M.Pd
NIP.
19620208 198403 1 005
|
Garawangi, Juli 2013
Guru
Mata Pelajaran,
NANA
SURYANA, S.Ag.,M.Si
NIP.
19670820 200701 1 009
semoga bermanfaat. selajutnya bisa kita membuat RPP dengan melihat patokan silabus Diknas atau Depag.
|
Komentar