Contoh RPP kelas 7 semester1 (KTSAP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 2 Garawangi
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Menjelaskan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X
40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami pengertian dan huruf
Qalqalah, menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
serta membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
- Pengertian Qalqalah
- Huruf-huruf
Qalqalah
- Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
- Pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan
ra
- Lafdzu jalalah
- Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan
ra'.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru
bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru
memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas
rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan qalqalah
beserta huruf-hurufnya.
2). Elaborasi
·
Siswa berdiskusi untuk mencari, menemukan, dan
mengklasifikasikan lafaz-lafaz yang mengandung bacaan qalqalah.
3) Konfirmasi
·
menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam
kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kelas VIII .
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§ Menjelaskan pengertian hukum bacaan qalqalah.
§ Menjelaskan macam-macam hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan
contoh-contohnya.
§ Menjelaskan pengertian hukum bacaan ra.
§ Menjelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan menyebutkan contoh-contohnya.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes isian
|
§ Jelaskan pengertian qalqalah!
§ Sebutkan huruf-huruf qalqalah!
§ Jelaskan pengertian tafkhim !
§ Jelakan pengertian tarqiq
§ Apakah yang dimaksud lam jalalah!
|
Isilah dengan jawaban yang tepat !
a TAFKHIM = Jika lafaz mengandung bacaan
tafkhim
a TARQIQ = Jika lafaz mengandung bacaan
tarqiq
عَذَابُ اللهِ
|
خَزَائِنُ
اللهِ
|
أَلَيْسَ اللهُ
|
مِنْ دُونِ اللهِ
|
قُلِ اللهُ
|
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
|
كَرْبٍ
|
فِرْعَوْنَ
|
زُرْتُمُ
|
وَالْفُرْقَانَ
|
وَاْلأَرْضُ
|
6.
|
7.
|
8.
|
9.
|
10.
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
DEDI
PARISA HERIANDI, M.Pd
NIP.
19620208 198403 1 005
|
Garawangi, Juli 2013
Guru
Mata Pelajaran,
NANA
SURYANA, S.Ag.,M.Si
NIP.
19670820 200701 1 009
semoga bermanfaat....amin |
Komentar