adsmob1

pengertian syrik (menyekutukan Allah)

SYIRIK (menyekutukan Allah)
Islam adalah  agama Tauhid yakni mengajarkan kepercayaan kepada Tuhan ( ALLah ) yang maha Esa  artinya :” tidak ada tuhan kecuali Allah” ( FAITH IN THE UNITY OF GOD  ) Dan sama sekali tidak pernah mengajarkan Syrik dan dalam Islam Syirik adalah salah satu pekerjaan yang sangat di larang dengan keras .
Mengapa islam tidak pernah mengajarkan Syrik?  Dan mengapa islam melarangan keras perbuatan Syirik ?
Sebernarnya apa sih itu Syirik ?  dan jenis pekerjaaanya yang bagaimana yang di sebut dengan Syirik itu ?  dan bagaimana dampaknya  jika orang mengerjakan perbuatan syirik ?
Untuk mengtahui semuanya baiklah akan saya paparkan dalam materi dibawah ini

1. Pengertian Syirik
Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah, dengan kata lain yakni orang yang menyekutukan sesuatu dengan Allah SWT dan di nilai sebagi dosa yang sangat besar karena dapat menghapus kan iman .
2. Orang yang melakukan /mengerjakan perbuatan Syirik disebut Musyrik.
3. Cotoh perbuatan Syrik
Contoh dari perbuatan /pekerjaan Syirik yakni orang yang melakukakan pekerjaan mempertuhankan /menyembah / meminta pertolongan kepada benda lain sebagai tuhan selain tuhan  Allah .jenis pekerjaanya yaitu  menganggap tuhan kepada pohon Batu, Matahari, Bulan  dan Benda Keramat lainnya, dan kemudaian mereka  dijadikan tempat meminta pertolongan dan perlindungan benda tersebut.
Di awal telah di terangkan bahwa Islam adalah  agama Tauhid yakni mengajarkan kepercayaan kepada Tuhan  ( ALLah ) yang Maha Esa (  FAITH IN THE UNITY OF GOD). Dan sama sekali tidak pernah mengajarkan Syrik dan dalam Islam. Syirik adalah salah satu pekerjaan yang sangat di larang dengan keras.karena hal tersebut bertententangan dengan pundamental Islam yakni sahadat “لاالله الا الله    “ dan juga telah di tegaskan dalam ajaran islam lain dengan Ayat  Al-qur’an  Q.S. An-Nisa (3) ayat (48) di bawah ini.

إن الله لا يغفر أن يشرك به ويغفر ما دون ذلك لمن يشاء ومن يشرك بالله فقد افترى إثما عظيما

Artnya :” Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. Q.S. An-Nisa  3  ayat (48).

4.    Pengelompokan jenis Syirik
Syirik di kelompokan dala dua kelompok yakni Syirik Akbar dan syirik Ashghar.
a.  Syirik Akbar (Besar ) yakni : menyekutukan semua mahluk dengan Allah SWT  dalam cara beribadat .  pekerjaannya seperti menyembah pohon –pohon besar. Batu besar, Matahari,  Bulan dan sebagainya.

Orang yang melakukan hal tersebut di katakan sudah keluar dari Islam dengan sebutan kafir karena ia telah melakukan dosa besar dan tidak akan di ampuni oleh Allah SWT, serta tempatnya adalah neraka.  Sesuai dengan firman Allah dalam Q.S Almaidah (5): Ayat 72
Allah berfirman :

……  إنه من يشرك بالله فقد حرم الله عليه الجنة ومأواه النار………
Artinya :” …..sesungguhnya orang yang menyekutukan (sesuatu dengan) Allah maka allah telah mengharamkan Surga baginya  dan tempat tinggalnya aialah neraka……..
{Q.S Almaidah (5): Ayat 72}.

b. Syirik Ashghar. (Copy/ kecil /amali ) adalah  : mengerjakan sesuatu amal ibadah dengan dasar Riya atau mengerjakan sesuatu  bukan atas dasar karena Allah,melainkan ingin di puji oleh manusia .

Orang mengerjakan perbuatan Syirik amali/ashghar/ copy ini tidak di cap skeluar dari agama islam sebai yang ia lakukan tidak sampai ke tingkat menyekutukan Allah , orang ini tetap  mengitikadkan kepada Allah, hanya niatnya yang salah. Perbuatan syirik ini selain hanya di nilai dengan perbuatan tercela  karena nilai pahala dari ibadahnya menjadi hilang.

Dasar hukum tersebut di atas adalah
Q.S Al-Kahfi  (   ): ayat 110

.فمن كان يرجو لقاء ربه فليعمل عملا صالحا ولا يشرك بعبادة ربه أحدا  ………….
Artinya : “……..Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang shaleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya".

Dan diterangakan pula dalam Hadist Rasul yang di riwayat kan oleh Tirmidi
Sabda raullullah Muhammad :
من حلف بغير الله فقد اشرك ( رواه التر مدئ 
Artinya :” barangsiapa yang bersumpah dengan selain nama Allah  maka sesungguhnya ia telah menyekutukan Allah “ (HR. Riwayat Tirmidi)
Juga diterangkan dalam Hadist Rasul lain yang di riwayatkan oleh Ibnu Hibban )
Sabda raullullah Muhammad :
ان الرقى والنما أم والثوله ثرك (رواه ابن حبا ن
Artinya :” sesungguhnya mantra – mantra  dan memakai jimat serta jimat pengasihan itu Syirik (HR.Ibnu Hibban ).

2. Cara untuk menghindari Perbuatan Syirik yakni :
a. Perbanyak mengingat Allah ( ber-Zikir)

Q.S. Al-Ahzab ( 33 ): ayat 41

يا أيها الذين آمنوا اذكروا الله ذكرا كثيرا

Artinya :” Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.

Q.S. Ar-Ra’du / Ar-Ra’d( 13 ) Ayat 28

    الذين آمنوا وتطمئن قلوبهم بذكر الله ألا بذكر الله تطمئن القلوب
Artinya :” (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.

b. Ikhlas dalam beramal

Q.S. Az-Zumarr (39 ) Ayat 14

قل الله أعبد مخلصا له ديني

Artinya: “ Katakanlah: "Hanya Allah saja Yang aku sembah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agamaku".

Q.S. Al-Baqarah (2 ) Ayat 5

أولئك على هدى من ربهم وأولئك هم المفلحون

Artinya : Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.
Q.S. Lukman ( 31 ): Ayat 13

وإذ قال لقمان لابنه وهو يعظه يا بني لا تشرك بالله إن الشرك لظلم عظيم

Artinya : “Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kedzaliman yang besar".
Cobalah ingat…ingat apakah kita pernah mengerjkan pekerjaan yang sama dengan di atas.
Jika pernah baca sahadat lagi atau ber istigfar dengan serius……

Semoga bermanfaat……amin…..

Komentar

Zoosk - Online Dating

Posts populer

Isi Kandungan dan pesan dari Surat Al-Hujurat[ 49 ] : ayat 12

NASKAH SOAL ULANGAN KD. Q.S Al-Insyrah./ kls 9 Semester 2

Persamaan dan perbedaan manusia dengan Hewan

Contoh Format RPP Kurikulum KTSP

Uji Konpetensi PAI BAB.10 Beriman Kepada Qada dan Qadar