adsmob1

Program Tahunan Pelajaran PAI Berkarakter /Kelas 9. /Smester 1& 2 KTSP



PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                             : SMP Negeri 2 Garawangi
Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            : IX  ( 1 &  2 )
Tahun Pelajaran              : 2011 / 2012


SMT
STANDAR KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1











(Al-Quran dan Al-Hadits):
1. Memahami ajaran al- Quran surat at-Tin.
1.1 Membaca QS. at-Tin dengan tartil.
Ø  QS. at-Tin


1.2 Menyebutkan arti QS. at-Tin.
Ø  QS. at-Tin


1.3 Menjelaskan makna QS. at-Tin.
Ø  QS. at-Tin


(Al-Quran dan Al-Hadits):
2. Memahami ajaran al-Hadits tentang menuntut ilmu
2.2     Membaca al-Hadits tentang menuntut ilmu.

Ø  al-Hadits


2.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang menuntut ilmu.
Ø  al-Hadits


2.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam al-Hadits.
Ø  makna menuntut ilmu seperti dalam al-Hadits.


(Aqidah):
3. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir
3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
Ø  beriman kepada hari akhir


3.2 Menyebutkan ayat al-Quran yang berkaitan dengan hari akhir.

Ø  ayat al-Quran yang berkaitan dengan hari akhir.
Ø   


3.3 Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.
Ø  proses kejadian kiamat sughra dan kubra


(Akhlak):
4. Membiasakan perilaku terpuji
4.1 Menjelaskan pengertian qana'ah dan tasamuh.

Ø  pengertian qana'ah dan tasamuh


4.2 Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh.

Ø  perilaku qana'ah dan tasamuh


4.3 Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.

Ø  perilaku qana'ah dan tasamuh


(Fiqih):
5. Memahami hukum Islam tentang penyembelih-an hewan
 5.1 Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan.

Ø  tatacara penyembelihan hewan


5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban.

Ø  aqiqah dan qurban


5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.

Ø  hewan aqiqah dan qurban.
Ø   


(Fiqih):
6. Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah
6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.

Ø  ibadah haji dan umrah.


6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Ø  ibadah haji dan umrah.


(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
 7. Memahami perkembangan Islam di Nusantara
7.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.

Ø  sejarah masuknya Islam


7.2 Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Ø  kerajaan Islam



Jumlah


2
(Al-Quran dan Al-Hadits):
8. Memahami al Qur’an surat al-Insyirah
8.1 Menampilkan bacaan QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.

QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.
12         


8.2 Menyebutkan arti QS. al-Insyirah.

arti QS. al-Insyirah.



8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.

perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah


(Al-Quran dan Al-Hadits):
9. Memahami ajaran al-Hadits tentang kebersihan
9.1 Membaca al-Hadits tentang kebersihan.

Hadits tentang kebersihan.


9.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang kebersihan.
13        arti al-Hadits tentang kebersihan.


9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.

perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.
14         


(Aqidah):
10. Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar
10.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
15        beriman kepada qadha dan qadar.


10.2 Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar.

qadha dan qadar.


10.3 Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.

16        contoh-contoh qadha dan qadar


10.4 Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.

17        ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.


(Akhlak):
11. Menghindari perilaku tercela
11.1 Menyebutkan pengertian  takabur.

18        takabur


11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur. 

19        perilaku takabur


11.3 Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.

20        perilaku takabur


(Fiqih):
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan  shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.

21        shalat sunnah berjama’ah dan munfarid


12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.

22        shalat sunnah berjama’ah dan munfarid


12.3 Mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.

23        shalat sunnah berjama’ah dan munfarid


 (Tarikh dan Kebudayaan Islam):
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.

24        seni budaya lokal


13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.

25        apresiasi terhadap tradisi



Jumlah




Mengetahui,
Kepala ...........................,



( ....................................... )

Garawangi, ....., .............  2016
Guru Mapel PAI,



( ......................................)




















Komentar

Zoosk - Online Dating

Posts populer

Isi Kandungan dan pesan dari Surat Al-Hujurat[ 49 ] : ayat 12

NASKAH SOAL ULANGAN KD. Q.S Al-Insyrah./ kls 9 Semester 2

Persamaan dan perbedaan manusia dengan Hewan

Uji Konpetensi PAI BAB.10 Beriman Kepada Qada dan Qadar

Contoh Format RPP Kurikulum KTSP