Program Tahunan Pelajaran PAI Berkarakter /Kelas 9. /Smester 1& 2 KTSP
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SMP Negeri 2 Garawangi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IX
( 1 & 2 )
Tahun Pelajaran : 2011 / 2012
SMT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
1
|
(Al-Quran
dan Al-Hadits):
1. Memahami
ajaran al- Quran surat at-Tin.
|
1.1
Membaca QS. at-Tin dengan tartil.
|
Ø
QS. at-Tin
|
|
|
1.2
Menyebutkan arti QS. at-Tin.
|
Ø
QS. at-Tin
|
|
|
||
1.3
Menjelaskan makna QS. at-Tin.
|
Ø
QS. at-Tin
|
|
|
||
(Al-Quran dan
Al-Hadits):
2. Memahami ajaran al-Hadits tentang menuntut ilmu
|
2.2 Membaca al-Hadits tentang menuntut ilmu.
|
Ø al-Hadits
|
|
|
|
2.2
Menyebutkan arti al-Hadits tentang menuntut ilmu.
|
Ø al-Hadits
|
|
|
||
2.3
Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam al-Hadits.
|
Ø makna menuntut ilmu seperti dalam
al-Hadits.
|
|
|
||
(Aqidah):
3. Meningkatkan
keimanan kepada hari akhir
|
3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
|
Ø beriman kepada hari akhir
|
|
|
|
3.2 Menyebutkan ayat al-Quran yang berkaitan dengan
hari akhir.
|
Ø ayat al-Quran yang berkaitan dengan hari
akhir.
Ø
|
|
|
||
3.3
Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam
al-Quran dan al-Hadits.
|
Ø proses kejadian kiamat sughra dan kubra
|
|
|
||
(Akhlak):
4. Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1
Menjelaskan pengertian qana'ah dan tasamuh.
|
Ø pengertian qana'ah dan tasamuh
|
|
|
|
4.2 Menampilkan contoh
perilaku qana'ah dan tasamuh.
|
Ø perilaku qana'ah dan tasamuh
|
|
|
||
4.3
Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ø perilaku qana'ah dan tasamuh
|
|
|
||
(Fiqih):
5. Memahami
hukum Islam tentang penyembelih-an hewan
|
5.1 Menjelaskan
tatacara penyembelihan hewan.
|
Ø tatacara penyembelihan hewan
|
|
|
|
5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban.
|
Ø aqiqah dan qurban
|
|
|
||
5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan
qurban.
|
Ø hewan aqiqah dan qurban.
Ø
|
|
|
||
(Fiqih):
6. Memahami
hukum Islam tentang haji dan umrah
|
6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan
umrah.
|
Ø ibadah haji dan umrah.
|
|
|
|
6.2
Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
|
Ø ibadah haji dan umrah.
|
|
|
||
(Tarikh
dan Kebudayaan Islam):
7. Memahami perkembangan Islam di Nusantara
|
7.1
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial,
dan pengajaran.
|
Ø sejarah masuknya Islam
|
|
|
|
7.2
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
Ø kerajaan Islam
|
|
|
||
|
Jumlah
|
|
|
||
2
|
(Al-Quran
dan Al-Hadits):
8. Memahami
al Qur’an surat al-Insyirah
|
8.1
Menampilkan bacaan QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.
|
QS.
al-Insyirah dengan tartil dan benar.
12
|
|
|
8.2
Menyebutkan arti QS. al-Insyirah.
|
arti
QS. al-Insyirah.
|
|
|
||
8.3
Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah
seperti dalam QS. al-Insyirah.
|
perilaku dalam bekerja
dan selalu berserah diri kepada Allah
|
|
|
||
(Al-Quran dan
Al-Hadits):
9. Memahami ajaran al-Hadits tentang kebersihan
|
9.1
Membaca al-Hadits tentang kebersihan.
|
Hadits tentang
kebersihan.
|
|
|
|
9.2
Menyebutkan arti al-Hadits tentang kebersihan.
|
13
arti al-Hadits tentang kebersihan.
|
|
|
||
9.3
Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.
|
perilaku
bersih seperti dalam al-Hadits.
14
|
|
|
||
(Aqidah):
10. Meningkatkan
keimanan kepada qadha dan qadar
|
10.1
Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
|
15
beriman kepada qadha dan qadar.
|
|
|
|
10.2
Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar.
|
qadha dan qadar.
|
|
|
||
10.3
Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.
|
16
contoh-contoh qadha dan qadar
|
|
|
||
10.4
Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
|
17
ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan
qadar.
|
|
|
||
(Akhlak):
11. Menghindari
perilaku tercela
|
11.1
Menyebutkan pengertian takabur.
|
18
takabur
|
|
|
|
11.2
Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur.
|
19
perilaku takabur
|
|
|
||
11.3
Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.
|
20
perilaku takabur
|
|
|
||
(Fiqih):
12. Memahami
tatacara berbagai shalat sunnah
|
12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
|
21
shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
|
|
|
|
12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnah berjama’ah dan
munfarid.
|
22
shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
|
|
|
||
12.3 Mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan
munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
|
23
shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
|
|
|
||
(Tarikh dan
Kebudayaan Islam):
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
|
13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari
tradisi Islam.
|
24
seni budaya lokal
|
|
|
|
13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara
adat kesukuan Nusantara.
|
25
apresiasi terhadap tradisi
|
|
|
||
|
Jumlah
|
|
|
Mengetahui,
Kepala ...........................,
( ....................................... )
|
|
Garawangi, ....., ............. 2016
Guru Mapel PAI,
( ......................................)
|
Komentar