Program Tahunan Pelajaran PAI Berkarakter /Kelas 9. /Smester 1& 2 KTSP
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SMP Negeri 2 Garawangi
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IX
( 1 & 2 )
Tahun Pelajaran : 2011 / 2012
SMT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
1
|
(Al-Quran
dan Al-Hadits):
1. Memahami
ajaran al- Quran surat at-Tin.
|
1.1
Membaca QS. at-Tin dengan tartil.
|
Ø
QS. at-Tin
|
|
|
1.2
Menyebutkan arti QS. at-Tin.
|
Ø
QS. at-Tin
|
|
|
||
1.3
Menjelaskan makna QS. at-Tin.
|
Ø
QS. at-Tin
|
|
|
||
(Al-Quran dan
Al-Hadits):
2. Memahami ajaran al-Hadits tentang menuntut ilmu
|
2.2 Membaca al-Hadits tentang menuntut ilmu.
|
Ø al-Hadits
|
|
|
|
2.2
Menyebutkan arti al-Hadits tentang menuntut ilmu.
|
Ø al-Hadits
|
|
|
||
2.3
Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam al-Hadits.
|
Ø makna menuntut ilmu seperti dalam
al-Hadits.
|
|
|
||
(Aqidah):
3. Meningkatkan
keimanan kepada hari akhir
|
3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
|
Ø beriman kepada hari akhir
|
|
|
|
3.2 Menyebutkan ayat al-Quran yang berkaitan dengan
hari akhir.
|
Ø ayat al-Quran yang berkaitan dengan hari
akhir.
Ø
|
|
|
3.3
Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam
al-Quran dan al-Hadits.
Ø proses kejadian kiamat sughra dan kubra
(Akhlak):
4. Membiasakan perilaku terpuji
4.1
Menjelaskan pengertian qana'ah dan tasamuh.
Ø pengertian qana'ah dan tasamuh
4.2 Menampilkan contoh
perilaku qana'ah dan tasamuh.
Ø perilaku qana'ah dan tasamuh
4.3
Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
Ø perilaku qana'ah dan tasamuh
(Fiqih):
5. Memahami
hukum Islam tentang penyembelih-an hewan
5.1 Menjelaskan
tatacara penyembelihan hewan.
Ø tatacara penyembelihan hewan
5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban.
Ø aqiqah dan qurban
5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan
qurban.
Ø hewan aqiqah dan qurban.
Ø
(Fiqih):
6. Memahami
hukum Islam tentang haji dan umrah
6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan
umrah.
Ø ibadah haji dan umrah.
6.2
Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Ø ibadah haji dan umrah.
(Tarikh
dan Kebudayaan Islam):
7. Memahami perkembangan Islam di Nusantara
7.1
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial,
dan pengajaran.
Ø sejarah masuknya Islam
7.2
Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
Ø kerajaan Islam
Jumlah
2
(Al-Quran
dan Al-Hadits):
8. Memahami
al Qur’an surat al-Insyirah
8.1
Menampilkan bacaan QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.
QS.
al-Insyirah dengan tartil dan benar.
12
8.2
Menyebutkan arti QS. al-Insyirah.
arti
QS. al-Insyirah.
8.3
Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah
seperti dalam QS. al-Insyirah.
perilaku dalam bekerja
dan selalu berserah diri kepada Allah
(Al-Quran dan
Al-Hadits):
9. Memahami ajaran al-Hadits tentang kebersihan
9.1
Membaca al-Hadits tentang kebersihan.
Hadits tentang
kebersihan.
9.2
Menyebutkan arti al-Hadits tentang kebersihan.
13
arti al-Hadits tentang kebersihan.
9.3
Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.
perilaku
bersih seperti dalam al-Hadits.
14
(Aqidah):
10. Meningkatkan
keimanan kepada qadha dan qadar
10.1
Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
15
beriman kepada qadha dan qadar.
10.2
Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar.
qadha dan qadar.
10.3
Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.
16
contoh-contoh qadha dan qadar
10.4
Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
17
ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan
qadar.
(Akhlak):
11. Menghindari
perilaku tercela
11.1
Menyebutkan pengertian takabur.
18
takabur
11.2
Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur.
19
perilaku takabur
11.3
Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.
20
perilaku takabur
(Fiqih):
12. Memahami
tatacara berbagai shalat sunnah
12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.
21
shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnah berjama’ah dan
munfarid.
22
shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
12.3 Mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan
munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
23
shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
(Tarikh dan
Kebudayaan Islam):
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari
tradisi Islam.
24
seni budaya lokal
13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara
adat kesukuan Nusantara.
25
apresiasi terhadap tradisi
Jumlah
Mengetahui,
Kepala ...........................,
( ....................................... )
|
|
Garawangi, ....., ............. 2016
Guru Mapel PAI,
( ......................................)
|
Komentar