adsmob1

Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Mata pelajaran SD

Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Mata pelajaran SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

 

Struktur Kurikulum Paradigma Baru yang direncanakan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim akan dilakasanakan secara bertahap pada tahun 2022, dimulai dari sekolah penggerak.

Pada kurikulum 2013 IPA dan IPS sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri sendiri dan menggunakan pendekatan tematik, adapun arah yang diharapkan perubahan pada kurikulum paradigma baru adalah IPA dan IPS digabung menjadi IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) sebagai fondasi sebelum anak belajar IPA dan IPS terpisah di jenjang SMP dan Pendekatan pengorganisasian muatan pelajaran (berbasis mata pelajaran, tematik, dsb.) merupakan kewenangan satuan pendidikan Sekolah boleh tetap menggunakan tematik ataupun beralih ke pendekatan berbasis mata pelajaran.

 

Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas 1 Asumsi 1 Tahun = 36 minggu (kls 1)

IPAS belum diwajibkan di Kelas 1, meskipun CP IPAS untuk Fase A tersedia Kemendikbud hanya mengatur total jam pelajaran pertahun dan rentang % alokasi waktu untuk projek per tahun. Contoh: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 252 jam pelajaran per tahun dan 20-25% dari jam pelajaran tersebut digunakan untuk projek kokurikuler 

** Permendikbud 27/2016 Tentang Layanan Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Pada Satuan Pendidikan

 *** opsional.  Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.

Alokasi waktu mata pelajaran SD

Kelas 1

Asumsi 1 tahun = 36 minggu

K13

Pembelajaran di Sekolah Penggerak

Per Tahun

Per

Minggu

Kegiatan reguler/minggu

(pembulatan)

Proyek

(minimal 20% dari total per tahun)

TOTAL JP

PER

TAHUN

Pendidikan Agama Islam dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Kristen dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Katolik dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Buddha dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Hindu dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Khonghucu dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Kepercayaan Terhadap

Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti*)

144**

4

108 (3)

36 (25%)

144

PPKn

180

5

144 (4)

36 (20%)

180

Bahasa Indonesia

288

8

216 (6)

72 (25%)

288

Matematika

180

5

144 (4)

36 (20%)

180

IPAS (IPA & IPS di K13)

-

-

-

-

-

Pilihan minimal 1:

a) Seni Musik, b) Seni Rupa, c) Seni

Teater, d) Seni Tari

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

PJOK

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Muatan Lokal****)

72

2

72 (2)

-

-

Total

1.080

30

828 (23)

252

1.080

 

Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas 2 Asumsi 1 Tahun = 36 minggu (kls 2)

Usulan: Seperti K13, JP untuk Bahasa Indonesia dan Matematika bertambah dari kelas 1 IPAS belum diwajibkan di Kelas 2, meskipun CP IPAS untuk Fase A tersedia Kemendikbud hanya mengatur total jam pelajaran pertahun dan rentang % alokasi waktu untuk projek per tahun. Contoh: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 252 jam pelajaran per tahun dan 20-25% dari jam pelajaran tersebut digunakan untuk projek kokurikuler 

** Permendikbud 27/2016 Tentang Layanan Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Pada Satuan Pendidikan 

***     Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek Matematika: 34 minggu 

*** opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.

Alokasi waktu mata pelajaran SD

Kelas 2

Asumsi 1 tahun = 36 minggu

K13

Pembelajaran di Sekolah Penggerak

Per Tahun

Per

Minggu

Kegiatan reguler/minggu

(pembulatan)

Proyek

(minimal 20% dari total per tahun)

TOTAL JP

PER

TAHUN

Pendidikan Agama Islam dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Kristen dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Katolik dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Buddha dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Hindu dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Khonghucu dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Kepercayaan Terhadap

Tuhan Yang Maha Esa dan Budi

Pekerti*)

144**

4

108 (3)

36 (25%)

144

PPKn

180

5

144 (4)

36 (20%)

180

Bahasa Indonesia

324

9

252 (7)

72 (22%)

324

Matematika

216

6

170 (5)***

46 (21%)

216

IPAS (IPA & IPS di K13)

-

-

-

-

-

Pilihan minimal 1:

a) Seni Musik, b) Seni Rupa, c) Seni Teater, d) Seni Tari

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

PJOK

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Muatan Lokal****)

72

2

72 (2)

-

-

Total

1.152

32

890 (25)

262

1.152

 

 

Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas 3 Asumsi 1 Tahun = 36 minggu (kls 3)

** Permendikbud 27/2016 Tentang Layanan Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Pada Satuan Pendidikan 

*** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek Bahasa Indonesia: 33 minggu Matematika dan IPAS: 34 minggu

**** opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.

***** Jam pelajaran kelas 3 SD mengalami peningkatan, mengikuti struktur kelas 4 karena IPAS dimulai di kelas 3

Alokasi waktu mata pelajaran SD

Kelas 3

Asumsi 1 tahun = 36 minggu

K13

Pembelajaran di Sekolah Penggerak

Per Tahun

Per

Minggu

Kegiatan reguler/minggu

(pembulatan)

Proyek

(minimal 20% dari total per tahun)

TOTAL JP

PER

TAHUN

Pendidikan Agama Islam dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Kristen dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Katolik dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Buddha dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Hindu dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Khonghucu dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Kepercayaan Terhadap

Tuhan Yang Maha Esa dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

PPKn

180

6

144 (4)

36 (20%)

180

Bahasa Indonesia

252

10

198 (6)***

54 (23%)

252

Matematika

216

6

170 (5)***

46 (21%)

216

IPAS (IPA & IPS di K13)

-

-

170 (5)***

46 (21%)

216

Pilihan minimal 1:

a) Seni Musik, b) Seni Rupa, c) Seni

Teater, d) Seni Tari

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

PJOK

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Muatan Lokal****)

72

2

72 (2)****

-

-

Total

1.224*****

34

1.006 (28)

290

1.296*****

 

Alokasi waktu mata pelajaran SD kls 4-6 Asumsi 1 Tahun = 36 minggu (kls 4-6)

** Permendikbud 27/2016 Tentang Layanan Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Pada Satuan Pendidikan

*** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek Bahasa Indonesia:  33 minggu Matematika dan IPAS: 34 minggu 

**** opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel lain atau diajarkan melalui kegiatan projek

 

Alokasi waktu mata pelajaran SD

Kelas 4-6

Asumsi 1 tahun = 36 minggu

K13

Pembelajaran di Sekolah Penggerak

Per Tahun

Per

Minggu

Kegiatan reguler/minggu

(pembulatan)

Proyek

(minimal 20% dari total per tahun)

TOTAL JP

PER

TAHUN

Pendidikan Agama Islam dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Kristen dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Katolik dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Buddha dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Hindu dan Budi

Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Agama Khonghucu dan

Budi Pekerti*)

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Pendidikan Kepercayaan Terhadap

Tuhan Yang Maha Esa dan Budi

Pekerti*)

144**

4

108 (3)

36 (25%)

144

PPKn

180

5

144 (4)

36 (20%)

180

Bahasa Indonesia

252

7

198 (6)***

54 (23%)

252

Matematika

216

6

170 (5)***

46 (21%)

216

IPAS (IPA & IPS di K13)

216

6

170 (5)***

46 (21%)

216

Pilihan minimal 1:

a) Seni Musik, b) Seni Rupa, c) Seni

Teater, d) Seni Tari

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

PJOK

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Muatan Lokal****)

72

2

72 (2)****

-

-

Total

1.296*****

34

1.006 (28)

290

1.296*****

 

Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Mata pelajaran SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Lengkap dalam persiapan pembelajaran dan penerapan kurikulum paradigma baru terutama di sekolah penggerak dan sekolah diseluruh wilayah Indonesia. Salam perubahan.

 

 

 Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Mata Pelajaran SMP/MTs Kelas 7 dan 8 Lengkap

 

Perubahan struktur kurikulum dan mata pelajaran pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas 7, dan 8 yang rencananya diterapkan pada Kurikulum Paradigma Baru, Sekolah penggerak atau Fasilitator Daerah (Fasda) wajib mempersiapkan hal ini dan bersiap-siap selanjutnya sekolah dan madrasah lainnya.

Beberapa perubahan terkait struktur mata pelajaran di SMP dari Kurikulum 2013 Informatika sebagai mata pelajaran pilihan karena pertimbangan ketersediaan guru Arah perubahan pembelajaran Informatika sebagai mata pelajaran wajib dimana Guru yang mengajar tidak harus memiliki latar belakang pendidikan informatika. Buku guru disiapkan untuk membantu guru-guru “pemula” dalam mata pelajaran ini.

Alokasi waktu mata pelajaran SMP Asumsi 1 Tahun = 36 minggu (kls 7-8)

Prakarya menjadi salah satu pilihan, tidak hanya Seni. Pertimbangan: 1) untuk siswa yang tidak meneruskan ke SMA, 2) meminimalisir perubahan dari K13.

** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek Bahasa Indonesia: 34 minggu

*** opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.

Adapun mata pelajaran di SMP pada kurkulum paradigma baru sebagai berikut:

Alokasi waktu mata pelajaran

SMP

Asumsi 1 tahun = 36 minggu

K13

Pembelajaran di Sekolah Penggerak

Per Tahun

Per

Minggu

Kegiatan reguler/minggu

(pembulatan)

Proyek

(minimal 20% dari total per tahun)

TOTAL JP

PER

TAHUN

Pendidikan Agama Islam dan Budi

Pekerti*)

108

3

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Kristen dan Budi

Pekerti*)

108

3

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Katolik dan Budi

Pekerti*)

108

3

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Buddha dan

Budi Pekerti*)

108

3

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Hindu dan Budi

Pekerti*)

108

3

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Khonghucu dan

Budi Pekerti*)

108

3

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Kepercayaan Terhadap

Tuhan Yang Maha Esa dan Budi

Pekerti*)

108

3

72 (2)

36 (33%)

108

PPKn

108

3

72 (2)

36 (33%)

108

Bahasa Indonesia

216

6

170 (5%)**

46 (21%)

216

Matematika

108

5

144 (4)

36 (20%)

108

IPA

108

5

144 (4)

36 (20%)

108

IPS

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

Bahasa Inggris

144

4

108 (3)

36 (25%)

144

PJOK

108

3

72 (2)

36 (33%)

108

Informatika

72

2

72 (2)

36 (33%)

108

Pilihan minimal 1:

a) Seni Musik, b) Seni Rupa, c) Seni

Teater, d) Seni Tari, e) Prakarya

(pilihan: Kerajinan, Rekayasa,

Budidaya, Pengolahan)

108

3

72 (2)

36 (33%)

108

Muatan Lokal****)

72

2

72 (2)***

 

72

Total

1.368

 

29 (1.026)

378

1.404


Komentar

Zoosk - Online Dating

Posts populer

Isi Kandungan dan pesan dari Surat Al-Hujurat[ 49 ] : ayat 12

Uji Kompetensi PAI Tentang Toleransi dan Menghargai Perbedaan Kelas 9 SMP / Sederajat

Ayat-ayat Al-qur'an yang menerangkan di turunkannya kitab-kitab suci ( Taurat, Zabur ,Injil dan Al-qur'an)

Hukum Islam [ Materi Pelajaran PAI. Bab 5/SMA/ Kls.10 /Semester. 1/ Kurtilas]

Mengapa malaikat yang wajib diketahui ada sepuluh ?