Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Mata pelajaran SD
Struktur Kurikulum
Paradigma Baru dan Perubahan Mata pelajaran SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
Struktur Kurikulum Paradigma Baru
yang direncanakan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim akan dilakasanakan secara
bertahap pada tahun 2022, dimulai dari sekolah penggerak.
Pada kurikulum 2013 IPA dan IPS
sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri sendiri dan menggunakan pendekatan
tematik, adapun arah yang diharapkan perubahan pada kurikulum paradigma baru
adalah IPA dan IPS digabung menjadi IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)
sebagai fondasi sebelum anak belajar IPA dan IPS terpisah di jenjang SMP dan
Pendekatan pengorganisasian muatan pelajaran (berbasis mata pelajaran, tematik,
dsb.) merupakan kewenangan satuan pendidikan Sekolah boleh tetap menggunakan tematik
ataupun beralih ke pendekatan berbasis mata pelajaran.
Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas 1 Asumsi 1 Tahun =
36 minggu (kls 1)
IPAS belum diwajibkan di Kelas 1,
meskipun CP IPAS untuk Fase A tersedia Kemendikbud hanya mengatur total jam
pelajaran pertahun dan rentang % alokasi waktu untuk projek per tahun. Contoh:
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 252 jam pelajaran per tahun dan 20-25% dari jam
pelajaran tersebut digunakan untuk projek kokurikuler
**
Permendikbud 27/2016 Tentang Layanan Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang
Maha Esa Pada Satuan Pendidikan
*** opsional.
Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel lain
atau diajarkan melalui kegiatan projek.
Alokasi
waktu mata pelajaran SD Kelas 1 Asumsi 1
tahun = 36 minggu |
K13 |
Pembelajaran
di Sekolah Penggerak |
|||
Per Tahun |
Per Minggu |
Kegiatan
reguler/minggu (pembulatan)
|
Proyek (minimal 20% dari total per tahun) |
TOTAL JP PER TAHUN |
|
Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Kristen
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Katolik
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Buddha dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Hindu dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Khonghucu
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Kepercayaan
Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
Budi Pekerti*) |
144** |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
PPKn |
180 |
5 |
144 (4) |
36 (20%) |
180 |
Bahasa Indonesia |
288 |
8 |
216 (6) |
72 (25%) |
288 |
Matematika |
180 |
5 |
144 (4) |
36 (20%) |
180 |
IPAS (IPA & IPS di K13)
|
- |
- |
- |
- |
- |
Pilihan minimal 1: a) Seni Musik, b) Seni
Rupa, c) Seni Teater, d) Seni Tari |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
PJOK |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Muatan Lokal****) |
72 |
2 |
72 (2) |
- |
- |
Total |
1.080 |
30 |
828 (23) |
252 |
1.080 |
Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas 2 Asumsi 1 Tahun =
36 minggu (kls 2)
Usulan: Seperti K13, JP untuk Bahasa
Indonesia dan Matematika bertambah dari kelas 1 IPAS belum diwajibkan di Kelas
2, meskipun CP IPAS untuk Fase A tersedia Kemendikbud hanya mengatur total jam
pelajaran pertahun dan rentang % alokasi waktu untuk projek per tahun. Contoh:
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 252 jam pelajaran per tahun dan 20-25% dari jam
pelajaran tersebut digunakan untuk projek kokurikuler
**
Permendikbud 27/2016 Tentang Layanan Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang
Maha Esa Pada Satuan Pendidikan
*** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu
untuk memenuhi alokasi projek Matematika: 34 minggu
***
opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel
lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.
Alokasi
waktu mata pelajaran SD Kelas 2 Asumsi 1
tahun = 36 minggu |
K13 |
Pembelajaran
di Sekolah Penggerak |
|||
Per Tahun |
Per Minggu |
Kegiatan reguler/minggu (pembulatan)
|
Proyek (minimal 20% dari total per tahun) |
TOTAL JP PER TAHUN |
|
Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Kristen
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Katolik
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Buddha dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Hindu dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Khonghucu
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Kepercayaan
Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
Budi Pekerti*) |
144** |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
PPKn |
180 |
5 |
144 (4) |
36 (20%) |
180 |
Bahasa Indonesia |
324 |
9 |
252 (7) |
72 (22%) |
324 |
Matematika |
216 |
6 |
170 (5)*** |
46 (21%) |
216 |
IPAS (IPA & IPS di K13)
|
- |
- |
- |
- |
- |
Pilihan minimal 1: a) Seni Musik, b) Seni
Rupa, c) Seni Teater, d) Seni Tari |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
PJOK |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Muatan Lokal****) |
72 |
2 |
72 (2) |
- |
- |
Total |
1.152 |
32 |
890 (25) |
262 |
1.152 |
Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas 3 Asumsi 1 Tahun =
36 minggu (kls 3)
** Permendikbud
27/2016 Tentang Layanan Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Pada Satuan Pendidikan
***
Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek Bahasa
Indonesia: 33 minggu Matematika dan IPAS: 34 minggu
**** opsional.
Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel lain atau
diajarkan melalui kegiatan projek.
***** Jam
pelajaran kelas 3 SD mengalami peningkatan, mengikuti struktur kelas 4 karena
IPAS dimulai di kelas 3
Alokasi
waktu mata pelajaran SD Kelas 3 Asumsi 1
tahun = 36 minggu |
K13 |
Pembelajaran
di Sekolah Penggerak |
|||
Per Tahun |
Per Minggu |
Kegiatan reguler/minggu (pembulatan)
|
Proyek (minimal 20% dari total per tahun) |
TOTAL JP PER TAHUN |
|
Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Kristen
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Katolik
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Buddha dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Hindu dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Khonghucu
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Kepercayaan
Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
PPKn |
180 |
6 |
144 (4) |
36 (20%) |
180 |
Bahasa Indonesia |
252 |
10 |
198 (6)*** |
54 (23%) |
252 |
Matematika |
216 |
6 |
170 (5)*** |
46 (21%) |
216 |
IPAS (IPA & IPS di K13)
|
- |
- |
170 (5)*** |
46 (21%) |
216 |
Pilihan minimal 1: a) Seni Musik, b) Seni
Rupa, c) Seni Teater, d) Seni Tari |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
PJOK |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Muatan Lokal****) |
72 |
2 |
72 (2)**** |
- |
- |
Total |
1.224***** |
34 |
1.006 (28) |
290 |
1.296***** |
Alokasi waktu mata pelajaran SD kls 4-6 Asumsi 1 Tahun =
36 minggu (kls 4-6)
**
Permendikbud 27/2016 Tentang Layanan Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang
Maha Esa Pada Satuan Pendidikan
***
Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek Bahasa
Indonesia: 33 minggu Matematika dan
IPAS: 34 minggu
****
opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel
lain atau diajarkan melalui kegiatan projek
Alokasi
waktu mata pelajaran SD Kelas 4-6 Asumsi 1
tahun = 36 minggu |
K13 |
Pembelajaran
di Sekolah Penggerak |
|||
Per Tahun |
Per Minggu |
Kegiatan reguler/minggu (pembulatan)
|
Proyek (minimal 20% dari total per tahun) |
TOTAL JP PER TAHUN |
|
Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Kristen
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Katolik
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Buddha dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Hindu dan
Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Agama Khonghucu
dan Budi Pekerti*) |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Pendidikan Kepercayaan
Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
Budi Pekerti*) |
144** |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
PPKn |
180 |
5 |
144 (4) |
36 (20%) |
180 |
Bahasa Indonesia |
252 |
7 |
198 (6)*** |
54 (23%) |
252 |
Matematika |
216 |
6 |
170 (5)*** |
46 (21%) |
216 |
IPAS (IPA & IPS di K13)
|
216 |
6 |
170 (5)*** |
46 (21%) |
216 |
Pilihan minimal 1: a) Seni Musik, b) Seni
Rupa, c) Seni Teater, d) Seni Tari |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
PJOK |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Muatan Lokal****) |
72 |
2 |
72 (2)**** |
- |
- |
Total |
1.296***** |
34 |
1.006 (28) |
290 |
1.296***** |
Struktur Kurikulum Paradigma Baru
dan Perubahan Mata pelajaran SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Lengkap dalam
persiapan pembelajaran dan penerapan kurikulum paradigma baru terutama di
sekolah penggerak dan sekolah diseluruh wilayah Indonesia. Salam perubahan.
Struktur
Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Mata Pelajaran SMP/MTs Kelas 7 dan 8
Lengkap
Perubahan struktur kurikulum dan
mata pelajaran pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah
Tsanawiyah (MTs) kelas 7, dan 8 yang rencananya diterapkan pada Kurikulum
Paradigma Baru, Sekolah penggerak atau Fasilitator Daerah (Fasda) wajib
mempersiapkan hal ini dan bersiap-siap selanjutnya sekolah dan madrasah
lainnya.
Beberapa perubahan terkait
struktur mata pelajaran di SMP dari Kurikulum 2013 Informatika sebagai mata
pelajaran pilihan karena pertimbangan ketersediaan guru Arah perubahan
pembelajaran Informatika sebagai mata pelajaran wajib dimana Guru yang mengajar
tidak harus memiliki latar belakang pendidikan informatika. Buku guru disiapkan
untuk membantu guru-guru “pemula” dalam mata pelajaran ini.
Alokasi waktu mata pelajaran SMP
Asumsi 1 Tahun = 36 minggu (kls 7-8)
Prakarya menjadi salah satu
pilihan, tidak hanya Seni. Pertimbangan: 1) untuk siswa yang tidak meneruskan
ke SMA, 2) meminimalisir perubahan dari K13.
**
Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek Bahasa
Indonesia: 34 minggu
***
opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel
lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.
Adapun mata pelajaran di SMP pada
kurkulum paradigma baru sebagai berikut:
Alokasi
waktu mata pelajaran SMP Asumsi 1
tahun = 36 minggu |
K13 |
Pembelajaran
di Sekolah Penggerak |
|||
Per Tahun |
Per Minggu |
Kegiatan reguler/minggu (pembulatan)
|
Proyek (minimal 20% dari total per tahun) |
TOTAL JP PER TAHUN |
|
Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Agama Kristen
dan Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Agama Katolik
dan Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Agama Buddha dan
Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Agama Hindu dan
Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Agama Khonghucu
dan Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Kepercayaan
Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
PPKn |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Bahasa Indonesia |
216 |
6 |
170 (5%)** |
46 (21%) |
216 |
Matematika |
108 |
5 |
144 (4) |
36 (20%) |
108 |
IPA |
108 |
5 |
144 (4) |
36 (20%) |
108 |
IPS |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Bahasa Inggris |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
PJOK |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Informatika |
72 |
2 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pilihan minimal 1: a) Seni Musik, b) Seni
Rupa, c) Seni Teater, d) Seni Tari, e)
Prakarya (pilihan: Kerajinan,
Rekayasa, Budidaya, Pengolahan) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Muatan Lokal****) |
72 |
2 |
72 (2)*** |
|
72 |
Total |
1.368 |
|
29 (1.026) |
378 |
1.404 |
Komentar