adsmob1

Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Kegiatan PAUD usia 5-6 Tahun

 Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Kegiatan PAUD usia 5-6 Tahun 

PAUD (5-6 Tahun)

Penguatan kegiatan bermain-belajar dan kegiatan berbasis buku bacaan anak.

Kurikulum 2013

 

 

Arah perubahan pembelajaran

    Per minggu 900 menit

    Asesmen merujuk pada STPPA

    Asesmen harian perlu dilaporkan

    Pendekatan pembelajaran berbasis tema

    Pembelajaran calistung yang dipersepsi sebagai kegiatan drilling (schoolification)

    Per minggu 1.050 menit

    Asesmen merujuk pada Capaian Pembelajaran (CP)

    Asesmen yang dilaporkan cukup asesmen semester

    Pendekatan pembelajaran berbasis literasi (buku bacaan anak dan bahan teks lainnya)

    Pengintegrasian persiapan literasi dan numerasi ke dalam CP melalui kegiatan bermain-belajar

 

Arah perubahan struktur kurikulum dan kegiatan pesera didik di PAUD untuk usia 5 sampai 6 tahun dalam penguatan kegiatan bermain-belajar dan kegiatan berbasis buku bacaan anak. Pada Kurikulum 2013, durasi pembelajaran dalam setiap minggunya untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah Per minggu 900 menit yang terbagi dalam beberapa hari, ada yang menggunakan pola 5 hari dan ada juga yang menggunakan pola 6 hari, bahkan dibeberapa daerah dipadatkan menjadi 3-4 hari saja.

Pada Kurikulum 2013, pola penilaian atau Asesmen merujuk pada STPPA dan setiap penilaian atau Asesmen harian perlu dilaporkan melalui laporan perkembangan peserta didik dengan cara di centang apakah sudah muncul atau belum muncul atau berkembang sangat baik.

Pada bagian Pendekatan pembelajaran diterapkan konsep pembelajaran berbasis tema atau sentra yang sudah diatur dan dipisahkan setia sesi dan harinya.

Pembelajaran calistung yang merupakan konsep perbedaan dengan TK dan RA yang diajarkan merupakan kegiatan yang dipersepsi sebagai kegiatan drilling (schoolification) atau latihan secara terus menerus dan berkesinambungan.

Arah perubahan pembelajaran yang diharapkan dilakukan oleh pengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD adalah adanya penambahan durasi waktu, dari 900 menit Per minggu menjadi 1.050 menit, karena aka nada sedikit peningkatan dan perubahan dalam pola pembelajaran dan target capaian pembelajarannya.

Dulu penilaian hanya merujuk pada STPPA atau tumbuh kembang anak, pada arah perubahan penilaia atau Asesmen diharapkan merujuk pada Capaian Pembelajaran (CP) yang sudah ditentukan oleh pemerintah atau dalam Bahasa lain Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti yang harus dicapai.

Beban guru melakukan penilaian harian dan membuat laporannya setiap hari, kini ditiadakan, hanya diambil nilainya untuk diketahi guru namun untuk penilaiannya atau Asesmen yang dilaporkan cukup asesmen semester, yakni asesmen semester ganjil dan genap.

Perubahan yang cukup mendasar lainnya adalah pada pendekatan konsep pembelajaran dimana arah perubahannya terletak pada pendekatan pembelajaran berbasis literasi (buku bacaan anak dan bahan teks lainnya) sehingga diharapkan peserta didik di PAUD mulai diperkenalkan budaya baca dan cara membaca buku yang benar buka hanya sebatas latihan membaca.

Selain itu program membaca juga digabungkan atau dilakukan pengintegrasian untuk persiapan literasi dan numerasi ke dalam Capaian Pembelajaran melalui kegiatan bermain-belajar, hal inilah yang menyebabkan perubahan jumlah jam dari 900 menit per minggu menjadi 1050 Menit Per minggunya.

Komentar

Zoosk - Online Dating

Posts populer

Isi Kandungan dan pesan dari Surat Al-Hujurat[ 49 ] : ayat 12

Uji Kompetensi PAI Tentang Toleransi dan Menghargai Perbedaan Kelas 9 SMP / Sederajat

Ayat-ayat Al-qur'an yang menerangkan di turunkannya kitab-kitab suci ( Taurat, Zabur ,Injil dan Al-qur'an)

Hukum Islam [ Materi Pelajaran PAI. Bab 5/SMA/ Kls.10 /Semester. 1/ Kurtilas]

Mengapa malaikat yang wajib diketahui ada sepuluh ?