Pengantar Awal Membuat PTK untuk guru pemula
Pada
artikel terdahulu saya menyajikan refleksi judul PTK dan kali ini saya ingin
berbagi bagaimana cara membuat PTK dengan panduan yang memenuhi syarat di bawah
ini.
Sebelum
membuat PTK terlebih dahulu kita harus tahu literatur dari PTK itu sendiri,
untuk pengerjaan awal kita pun di tuntut mengetahui apa itu PTK terlebih
dahulu. Hal tersebut adalah gambaran awal kita mengambil jenis pekerjaan
ilmiah. Baiklah kita awali terlebih dahulu dengan pengertian singkat dari PTK .....!.
PTK
adalah Penelitian praktis kegiatan yang pernah kita kerjakan di masa yang lalusudah
mencapai tingkat maksimum atau belum ? untum mengetahui perlu kita mengadakan
tindaka evaluasi .dari hasil evaluasi tersebut jika sasaran kita belum mencapai
target maka kita harus meneliti masalah hal yang kurang tersebut. Yakni dimana letak
kekurangannya . setelah mengetahui posisi kekurangannya tersebut kita mencoba
menggunakan metode yang lainnya kemudian kita ukur kembali .........nah seperti
itu gambaran singkat dari karya tulis tersebut.dan dapat disimpulkan kita hanya
mencatat saja kegiatan-kegiatan tersebut dan mengambil kesimpulan dari metode
yang baru itu tersebut.
Untuk
lebih jauh dapat anda tambahkan dari pengertian PTK tersebut yakni untuk
memperbaiki pembelajaran di kelas. PTK dilakukan berhubungan dengan proses
belajar mengajar di sekolah. PTK ini merupakan suatu kewajiban bagi guru untuk
melakukanya sehingga nantinya didapat solusi-solusi yang ilmiah dalam mengatasi
permasalahan di dalam kelas baik dari penyampaian materi,kemampuan daya serap
siswa dan lain-lain.
Mudah....mudahan
paham lebih awal dari arti kecil dari PTK.
Nah
untuk memulainya kita ikuti langkah- langkah dibawah ini :
Adapun ciri-ciri dari Penelitian Tindakan Kelas ini
adalah :
1.
Adanya masalah dalam PTK dipicu oleh munculnya
kesadaran pada guru bahwa
praktek yang dilakukan selama ini dikelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan
2.
Self-reflective Inquiry (Penelitian melalui
refleksi diri). PTK dilakukan dalam kelas
sehinggafokus penelitian ini adalah kegiatan
pembelajaran berupa prilaku guru
dan siswa dalam melakukan interaksi.
3.
PTK bertujuan untuk memperbaiki pelajaran
4. Bersifat
partisipatif: PTK melibatkan para pelaksana program sehari-hari
sebagai partisipan
5. Bersifat
Kolaboratif: Perencanaan Intervensi dan evaluasi hasil intervensi dilakukan
bersama-sama .
6.
Melalui putaran-putaran berspiral: perencanaan tidankan dilanjutkanpelaksanaan
tindakan
dan pengamatan terhadap asli tindakan diteruskan refleksi berdasarkan
hasil pengamatan kemudian perencanaan tindakan
berikutnya dan seterusnya.
SISTEMATIKA LAPORAN
PTK
.
HALAMAN JUDUL
. HALAMAN PENGESAHAN
.
ABSTRAK
. KATA PENGANTAR
.
DAFTAR ISI
.
DAFTAR TABEL (JIKA ADA)
.
DAFTAR LAMPIRAN
. DAFTAR GAMBAR (JIKA ADA)
.
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D.Manfaat Penelitian
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D.Manfaat Penelitian
.
BAB II. KAJIAN PUSTAKA/TEORITIS
A.Teori yang relavan
B. Hipotesis Tindakan
B. Hipotesis Tindakan
.
BAB III. METODE PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu
B. Bentuk Penelitian
C. Subyek Penelitian
D. Rancangan Penelitian
E. Instrumen Penelitian
F. Teknik Pengumpulan Data
G.Teknik Analisis Data
B. Bentuk Penelitian
C. Subyek Penelitian
D. Rancangan Penelitian
E. Instrumen Penelitian
F. Teknik Pengumpulan Data
G.Teknik Analisis Data
. BAB IV. HASIL DAN
PEMBAHASAN
.
BAB V.
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
.
DAFTAR PUSTAKA
.
LAMPIRAN
semoga bermanfaat...
----------------------------------- http;//jurnalaqidah.blog.spot.co.id ---------------------
semoga bermanfaat...
----------------------------------- http;//jurnalaqidah.blog.spot.co.id ---------------------
Komentar