adsmob1

Salat Sunah./Modul Pembelajaran PAI. Bab. 12 : (KTSP) Kelas 9 semester 2 )

 KAPER DEPAN
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
NAMA SISWA

KELAS


MODUL PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
 (KTSP)

KODE MODUL : PAI
Bab.12/ Kls.9/ Smster2/2015


           
Tema         :  Salat Sunah
Kelas         :  IX ( sembilan ) Semester 2
Waktu       :  4 JTM


LOGO SEKOLAH 















Disusun oleh
Nana Suryana.S.Ag.,M.si
NIP. 19670820 200701 1 009



DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
KABUPATEN KUNINGAN
Tahun Ajaran 2015
----------------------------------------------------------------------
Lenbaran Pengesahan

MODUL PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(KTSP)





KODE MODEL : PAI
.Bab.12/ Kls.9/ Smster2/2015





Tema     :   Salat Sunah
Kelas      :   IX ( sembilan ) Semester 2
Waktu   :   4 JTM
           


Disusun oleh
Nana Suryana.S.Ag.,M.si
NIP. 19670820 200701 1 009


Mengesahkan :
Kepala SMPN.2 Garawangi




Dedi Parisa Heriandi. M.Pd
NIP: 19620308198403 1005


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bahan Ajar .BAB.12. Salat Sunah . PAI (KTSP) Kelas 9 semester 2 )

      A.    Pengertian Salat Sunah :
Salat sunah disebut pula nawafil .bentuk  jamaknya nawafil yakni dari kata Nafilah yang artinya salat  yang dianjurkan untuk dilaksanakan ,Allah selain salat wajib. Sehingga salat sunah tersebut mendapat pahala ketika di kerjakan dan tidak berdosa apabila ditinggalkan. Jadi mereka yang melakukan salat sunah adalah mereka yang benar- benar berharap penuh ke ikhlasan dan hikmah serta rahmat dari Allah SWT.
Pada umumnya salat sunah di kerjakan secara munfarid (sendiri)  sabda Rasulullah saw

      B.     Pembagian Salat Sunah

            a.        Pembagian Salat Sunah Secara Hukum  dibagi dua :

1.  Salat sunah Muakad:adalah salat sunah yang dianjurkan dengan penekanan yang kuat( hampir mendekati wajib), seperti salat Idain yakni salat sunah dua hari raya ( Idul fitri dan Idul adha ), salat sunah witir dan salat sunah thawaf, salat jumat.
2.  Salat sunah ghairul mua’kad: Ghairu Muakad, adalah salat sunah yang dianjurkan tanpa penekanan yang kuat, seperti salat sunah Rawatib dan salat sunah yang sifatnya insidentil ( tergantung waktu dan keadaan, seperti salat kusuf / khusuf hanya dikerjakan ketika terjadi gerhana).

           b.      Menurut pelaksanaan:
Salat sunah secara pelaksanaannya terbagi 2 bagian yakni :
1.  Salat Sunah Munfarid :
Salat sunah ada yang dilakukan secara sendiri-sendiri  ( Munfarid bahasa arab dari kata -  ينفر د —  منفر دد انفر ) yang artinya sendiri. Yang termasuk salat sunah Munfarid diantaranya :
a.  Salat tahiyatul masjid adalah salat sunnah dua rakaat yang dikerjakan ketika memasuki masjid, sebelum duduk untuk menghormati masjid
b.  Salat Rawatib ( ba’diyah dan Qobliyah) adalah salat sunah pengiring salat fardu baik salat sunah yang di kerjakan sebelum maupun sesudah salat fardu.
c.  Salat tahiyatul wudlu ( yaitu shalat sunnah dua rakaat yang bisa dikerjakan setiap selesai wudhu).
d.  Salat istiqarah (salat minta di pilihkan sesuatu pilihan )
e.  Salat Sunah Mutlah. adalah shalat sunah tanpa sebab dan tidak ditentukan  waktunya, juga tidak dibatasi jumlah rakaatnya.
f.  Salat Sunah Dhuha : ( Dhuha artinya matahari naik setengah galah atau tombak atau kira-kira pukul 07.15 sampai datangnya waktu salat dhuhu
g.  Salat  tahiyatul masjid adalah salat sunah yang di kerjakan 2 rakaat.ketika memasuki mesjid . Salat tersebut di laksanakan untuk  menghotmati masjid .
h.  Salat tahajud ( salat yang dikerjakan pada waktu sepertiga malam).
i.   Secara bahasa Awwabin adalah kembali kepada Allah dengan bertaubat dan beristigfar. sedang yang di maksud salat sunah Awwabin adalah salah sunah yang di kerjakanantara waktu magrib dan Isya ( red _Hadist Rasul dalam kitab Al-Baits hal :48 .Karangan : Ibnu Katsir )
j.   Salat sunah Taubat adalah shalat sunah yg dilakukan setelah merasa berbuat dosa kepada Allah SWT, agar mendapat ampunanNya. 
k.  Salat  Tasbih
Salat Tasbih salat sunah 4 raka'at . yang tiap masing-masing rakat mem baca  75 kali tasbih. Adapun kalimat tasbih yang di baca seperti kalimat "Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar )  se banyak 300 kali tasbih  jumlah keseluruhan dalam 4 rakaat.
2.  Salat sunah berjama’ah;
      Salat sunah berjamaah di ambil dari kata Jama’ah (عة (جما. Sehingga salat sunah berjamaah adalah salat sunah  yang dapat dilakukan secara bersama yang di pimpin oleh seorang imam dengan ke utamaan salat tersebut lebih tinggi dari salat Munfarid . Adapun yang termasuk dalam salat berjamaah antara lain :
Dalil salat berjamaah  Hadist Rasul bahwa salat berjama’ah mempunyai kelebihan di banding salat munfarid :
عن ابن عمر رضي الله عنهما قال  قال رسو ل الله صاى الله وسلم  صلاة الجماعة افضل من صلاة الفد بسبع وعسرين    درجة  ( رواه الخارئ والمسلم

Artinya : “ Dari ibnu Umar ra. Ia berkata : telah bersabdi Rasulullah saw. Salat berjama’ah lebih Utama pahalanya daripada salat sendiri sebanyak dua puluh tujuh derajat ( H.R. Bukhori dan Muslim ).
C.  Macam-macam salat sunah berjamah 
1. Salat sunah Tarwih.
Shalat sunnah Tar’wih adalah salat sunah yang di laksanakan secara berjama’ah sesudah shalat Isya, pada bulan Ramadhan.
Menegenai bilangan rakaatnya disebutkan dlm hadist : "Yang dikerjakan oleh Rasulullah saw, baik pada bilangan ramadhan lainnya tidak lebih dari 11 rakaat" (H.R.Bukhari).
Dari Jabir :" Sesungguhnya Nabi saw telah shalat bersama mereka 8 rakaat, lalu beliau shalat witir." (H.R.Ibnu Hiban) 
Niat shalat tarawih : Ushalli sunnatan Taraawiihi rak'ataini ( Imamam / makmuman ) lillahi ta'alla

artinya :"Aku niat shalat sunat tarawih 2 rakaat ( imam / makmum) karena Allah".
2.  Salat Gerhana Matahari ( salat Kusuf) dan Bulan ( Salat khusuf ).
Saat terjadi gerhana matahari atau pun bulan manusia di perintahkan untuk bersujud pada yang menciptakan kedua benda tersebut dan bukan bersujud pada keda benda tersebut sebagaimana di terangkan dalam Q.S fussilat (41) ayat 37 . allah berfirman :

     لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Artinya; janganlah engkau bersujud pada matari dan kepada bulan ,tetapi bersujudlah pada allah uamg menciptakannya, jika kamu hanya menyembah kepadaNya. (Q.S fussilat (41) ayat 37)

3.  Salat Jum’at : ( صلاة الجمعة ) adalah aktivitas ibadah salat sunah mu’akad sebagai pengganti dari salat wajib dhuhur  yang dilaksanakan setiap hari jum’at secara berjamaah bagi lelaki Muslim  yang sudah baligh.
Salat  Jumat hanya dipraktekkan oleh penganut Sunni dan tidak dipraktekkan oleh penganut Syiah

Dalil  Al-quran yang  memberikan definisi dari Salat Jum’at yakni : Qs. Al Jumuah  62: ayat  9
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِي لِلصَّلاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ    ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ
Artinya : “ Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui. (Al Jumu'ah : 62  : ayat 9).

Golongan yang wajibkan untuk melaksanakan salat jum’at :
Seorang muslim yang sudah baligh dan berakal,Laki-laki, Orang yang merdeka. Orang yang menetap bukan musafir, Orang yang tidak ada halangan ( uzur ) apapun

Golongan yang tidak wajib untuk melaksanakan salat jum’at :
Hamba sahaya (Budak ). Wanita. Anak kecil. Orang sakit. Orang yang tertidur pulas Orang gila. Musafir .
Telah meriwayatkan, Abu Daud, no. 1052, Tirmizi, no. 500 dan Nasai, no. 1369 dari Abi Al-Ja'd radhiallahu anhu sesungguhnya Rasulullah shallallah alaihi wa sallam bersabda,: 

                 مَنْ تَرَكَ ثَلَاثَ جُمَعٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ(وصححه الشيخ الألباني في  " صحيح الجامع                                   
artinya "Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali dengan meremehkannya, maka Allah tutup hatinya." (Dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami)
Ibnu Majah, no. 1126 juga meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah radhiallahu anhuma, dia berkata, Rasulullah shallallah alaihi wa sallam bersabda,

                   مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلَاثًا مِنْ غَيْرِ ضَرُورَةٍ طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ  (وحسنه الشيخ الألباني في " صحيح ابن ماجه )            

artinya "Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali tanpa kebutuhan darurat, Allah akan tutup hatinya." (Dinyatakan hasan oleh Al-Albany dalam Shahih Ibnu Majah).
Al-Manawi rahimahullah berkata, "Yang dimaksud ditutup hatinya adalah Allah tutup dan cegah hatinya dari kasih sayangnya, dan dijadikan padanya kebodohan, kering dan keras, atau menjadikan hatinya seperti hati orang munafik." (Faidhul Qadir, 6/133).
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,:
                                                                   من ترك ثلاث جمع متواليات من غير عذر طبع الله على قلبه

artinya :"Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali berturut-turut tanpa uzur, maka Allah akan tutup hatinya."

Dalam hadits yang lain,:

                           من ترك الجمعة ثلاث مرات متواليات من غير ضرورة طبع الله على قلبه  (وصححه الشيخ الألباني في   
                       
artinya "Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali berturut-turut tanpa darurat, maka Allah akan tutup hatinya." (Dinyatakan shahih oleh Syekh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami)

4.  Salat Sunah Jenajah:
Salat yang dikerjakan secara perorangan maupun berjamaah , sebanyak 4 kali takbir tanpa ruku dan sujud., dan hukum dari shalat jenazah adalah fardu Kifayah ( kewajiban yang ditujukan kepada orang banyak, tetapi bila sebagian sudah melaksanakan maka gugurlah kewajiban bagi yang lain).

Rukun Shalat Jenazah
a. Niat
b. Berdiri bagi yang mampu.
c. Takbir empat kali.
d. Membaca surat Al-Fatihah.
e. Membaca sholawat atas Nabi.
f.  Mendoakan mayat.
g. Memberi salam.
5.  Salat sunah I’dain.(salat sunah dua hari raya yakni I’dul Fitri dan I’dul Adha).
shalat sunah yang di laksanakan secara berjama’ah pada hari raya I’dul Fitri pada 1 Syawal dan hari raya I’dul Adha pada tanggal 10 Dzulhijah. Hukumnya sunnah Mu akad ( salat yang dianjurkan).
Allah berfinman dalam Q.S.AlKautsar (108) ayat :1-2) 
إِنَّآ أَعۡطَيۡنَـٰكَ ٱلۡكَوۡثَرَ
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ
Artinya  :"Sesungguhnya kami telah memberi engkau (yaa Muhammad) akan nikmat yang banyak. sebab itu, shalatlah  dan berqurbanlah engkau karena Tuhanmu, pada I’dul Adha (Q.S.AlKautsar (108) ayat :1-2)
Dari Ibnu Umar: "Rasulullah, Abu Bakar, Umar pernah melakukan shalat pada 2 hari raya sebelum berkhutbah."(H.R. Jama'ah).
Niat Shalat Idul Fitri : Ushalli sunnatal li, iidil fitri rak'ataini (imamam/ makmuman )  lillahi Ta’ ala
artinya : "Aku niat shalat idul fitri dua rakaat (imam/makmum) karena Allah"
Niat Shalat Idul Adha :
Ushalli sunnatal li'iidil Adha rak'ataini (imamam.makmumam) lillahita'aalaa
artinya :"Aku niat shalat idul adha dua rakaat (imam/makmum) karena Allah"
Waktu shalat hari raya adalah setelah terbit matahari sampai condongnya matahari. Syarat, rukun dan sunnatnya sama seperti salat yg lainnya. Hanya ditambah beberap sunat sebagai berikut :
a. Berjamaah
b. Takbir 7 kali pada rakaat pertama & 5 kali pada rakat ke 2
c. Mengangkat tangan setinggi bahu pada tiap takbir.
d. Setelah takbir yang ke 2 sampai takbir yg terakhir baca tasbih.
e. Membaca surat Qaf di rakaat pertama dan surat Al Ghasiyah pada rakaat  kedua.
f.  Imam menyaringkan bacaannya.
g. Kutbah 2 kali setelah shalat sebagamana khutbah jum'at.
h. Pada khutbah Idul Fitri biasanya isi kutbah memaparkan tentang zakat fitrah dan  pada Idul Adha isi khutbahnya tentang hukum-hukum Qurban.
i.  Mandi, berhias, memakai pakaian sebaik-baiknya.
j.  Makan terlebih dahulu pada shalat Idul Fitri, sedangkan pada Shalat Idul Adha sebaliknya     makan di laksanakan setelah salat hari raya tersebut.
C.  Salat sunah Rawatib.
Salat Rawatib adalah salat sunah pengiring salat fardu baik salat sunah yang di kerjakan 
ebelum salat fardu yang disebut dengan nama Rawatid qobliyah dan  sesudah salat fardu 
ang di sebut salat sunah Rawatib ba’diyah . Jumlah rakaat dari salat sunah Rawatib
seluruhnya ada 22 rakaat.
Untuk memahami mana kapan pelaksanaan salat sunah Ba’diayah dan Qobliyah lihat
bagan di bawah ini :

    Daftar salat  Sunah Rawatib qobliyah  dan ba’diyah

No
Salat sunah Rawatib
Salat fardu
Sebelum / qobliyah
sesudah / ba’diyah
1
subuh
2 rakaat
0
2
Dhuhur
2 rakaat
4 rakaat
3
Asyar
2 rakaat
4 rakaat
4
Magrig
2 rakaat
2 rakaat.
5
Isa
2 rakaat
2  rakaat

Salat sunah Rawatib secara  Hukum terbagi atas dua yakni :
1.    Salat sunah Rawatib Mu’akkad ;
Salat sunah Rawatib Mu’akkad adalah salat sunah yang di pentingkan atau di tekankan.jumlahnya 10 rakaat dengan lima kali salat.
2.    Salat sunah Rawatib Ghairul Mu’aqad.
Adalah salat sunah yang kurang di pentingkan atau kurang di tekankan. Jumlah dari salat sunah ghairul Mu’akkad yakni 12 rakaat yang di laksankan dalan lima kali salat.

Daftar Pelaksanaan salat Sunah Roatib Mu’akad dan Ghairul Mu’akad

No
Salat sunah Rawatib
Salat fardu
Mu’akkad
Ghairul Mu’akkad
sebelum
sesudah
sebelum
sesudah
1
subuh
2 rakaat
2 rakaat
2 rakaat
2
Dhuhur
2 rakaat
2 rakaat
0
0
3
Asyar
0
0
4 rakaat
0
4
Magrig
0
2 rakaat
0
2 rakaat
5
Isa
0
2 rakaat
0
2 rakaat

Referensi ;
Pendidikan Agama Islam, Lia Sukriyah S , CV .REKATAMA  ESIAMEDIA, Bogor 2010
Kumpulan Salat-Salat Sunnat, Drs. Moh. Rifa'i, CV Toha Putra, Semarang, 1993
___2005 Himpunan Hadist Shahih Bukhori , Jakarta  : Annur Press
Salabi ,A. 1983  Sejarah dan Kebudayaan Islam. Jakarta pusat : Pustaka Alhusna
Sabiq. Syayid .Tt . Fiqih Sunnah. Mesir  : Dar  as Sa faqoh. Juz 1
Al-Jawabul Kafi, hal. 60
Majmu Fatawa Ibnu Baz, 12/332.
Fathul Bari, 8/696, berdasarkan penomoran Maktabah Syamilah.
Faedah dari Fathul Qowil Matin, Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd Al Abad, hadits ke-38..
Fathul Bari, 8/696, berdasarkan Penomoran Maktabah Syamilah.

Uji Kompetensi
Ualangan KD. Bab .12

1. Apa pengretian dari salat sunah munfarid…
a. Yang di lakukan sendiri sendiri
b. Yang dilakukan bersama
c. Yang dilakukan 4 orang
d. Benar semua

2.  Salat sunah yang di kerjakan di antara dua salat fardu magrib sampai isa  yakni
a.  Salat rowatib
b.  Salat awabin
c.   Salat sunnah qobliyah
d.  Salat sunah ba’diyah

3.  Jika kita ingin untuk memohon petunjuk sebaiknya kita melakukan salat…
a  Tarawih
b. Rowatib
c. Witir
d. Istiqoroh

4. Yang termasuk kedalam salat rowatib ghoir muakad adalah…
a.  2 rakaat sebelum dan sesudah salat subuh
b.  2 rakaat sesudah salat isya
c.  2 rakaat sesudah  salat magrib
d.  benar semua

5. Yang termasuk kedalam salat sunah berjamaah ialah,kecuali…
a.   Salat idain
b.   Salat rowatib
c.   Salat tarawih
d.   Salat gerhana

6. Salat khu`suf di laksanakan saat sedang terjadi gerhana…
a.  Gerhana bulan
b.  Gerhaana matahari
c.  Gerhana awan
d.  Benar semua

7. Salat sunah untuk  meminta di turunkan hujan oleh allah yakni  salat …
a.    Salat khusuf
b.    Salat rowatib
c.    Salat istisqa
d.    Salat tarawih

8. Apa pengertian dari ba’diyah…
a.  Sebelum
b.  Hari ini
c.  Kemarin
d. Sesudah

9. Salat yang dilakukan tanggal 1 syawal ialah salat…
a. Khusuf
b. Idul ad’ha
c. Idul fitri
d. Istisqa

10. Tujuan salat sunah tahiyatul masjid adalah..
a.  Untuk menghormati masjid
b.  Agar sopan
c.  Untuk mendapat risky
d.  Untuk di bukakan pntu surge

11. Salat  sunah rowatib secara hokum dapat dibagi menjadi 2 yaitu…
a.   Muakad dan ghair muakad
b.   Munfarid dan berjamaah
c.   Khobliyah dan badiyah
d.   Benar semua

12. Salat yg dilaksanakan pada waktu matahari terbit setinggi tombak atau  sekitar (07:15) ialah  salat…
a.  Salat subuh
b.  Salat tahiyatul masjid
c.  Salat witir
d.  Salat duha

13.  Apa pengertian dari salat sunah muakad…
a.      Sulat sunah yang dipentingkan/ditekankan
b.      Salat sunah yang  tidak dianjurkan
c.       Sulat sunah yang bisa dilakukan bersama
d.      Salat sunah di bolehkan

14.    لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Arti yang di garis bawahi adalah….
a.  Jangan lah bersujud kepada bulan
b.  Jangan lah kamu bersujud kepada  planet
c.   Jangan la kamu bersujud kepada  matahari
d.  Semuanya benar

15.  Apa pengertian salat sunah kusuf…
a.  salat sunah Gerhana bulan
b.  salat sunah Gerhana bintang
c.  salat sunah Gerhana mataharii
d.  salat sunah Benar semua

16. Salat sunah disebut juga dengan
a.  Nawafil
b.  Nawafi
c.  Nawaf
d.  Benar semua

17. Berapakah jumlah tasbih yg dibaca ketika salat tasbih …
a.  100
b.  300
c.  500
d.  301

18. Salat sunah yg dilakukan dalam waktu sepertiga malam  disebut …
a.   Salat witir
b.   Salat khusuf
c.   Salat tahajud
d.   Salat tarawih

19.  لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Arttnya :Jangan lah engkau bersujud pada matahari da kepada bulan , tetapi bersujudlah pada allah yg menciptakan nya jika kamu hanya menyembah kepadanya , arti dari quran surat …
a. Q.S al kautsar
b. Q.S Alimran
c. Q.S Fusillat (41): ayat 37.
d. Q.S al jumuah

20. Salat jenajah termasuk kedalam fardu…
a.  Fardu ain
b.  Fardu kifayah
c.  Wajib
d.  Benar semua


21. Secara bahasa awwabin adalah…
a.  Kembali kepada rasul
b.  Kembali kepada malaikat
c.  Kembal kepada allah dengan bertaubat dan beristigfar
d.  Kembali kepada orang tua

22. Salat jenazah dapat di  kerjakan secara
a. Perorangan
b. 3 orang
c. 7 orang
d. Perorangan maupun berjamaah
23. Yang bukan termasuk kedalam rukun salat jenazah adalah…
a. Niat
b. Takbir 4 kali
c. Tiduran
d. Membaca surah al-fatihah

24. Yang termasuk kedalam golongan yang di wajibkan melaksanakan shalat juma’at ialah, 
a.   Anak laki-laki muslim yg sudah baligh
b.   Anak Laki-laki muslim  yang belum balig
c.   Anak Laki-laki muslim  yang sakit
d.   Anak perempuan muslim  yang

25. Yang tidak termasuk golongan tidak wajib untuk melaksakan salat jum’at adalah kecuali .
a.   Orang yang tertidur karena kelelahan sakit
b.   Orang muslim perempuan
c.   Laki-laki muslim yang gila
d.   Semua benar
26. Secara hukum pembagian salat sunah dibagi menjadi…
a.  lima
b.  tiga
c.  dua
d.  empat

27. Kata jama’ah diambil dari kata…
a.   Jam’ah
b.   Jama’ah
c.   Jumu’ah
d.   Benar semua

28.  Dari jabir “ Sesungguhnya nabi saw telah salat berjamaah bersama mereka 8 rakaat , lalu beliaw salat witir  merupakan hadist terseut diatas diriwayat oleh  …
a.  H.R muslim  
b.  H.R bukhari
c.  H.R sahih
d.  H.R ibnu hiban

29. Salat jumat  dilaksanakan …

a.    Setiap hari jum’at pada Minggu ke1
b.    Setiap hari jum’at pada Minggu ke 2
c.    Setiap hari jum;at pada Minggu ke 3
d.    Setiap hari jumat

30. Jumlah dari salat sunah goirul muakad yakni…
a. 12 rakaat  dalam 5 kali salat fardu
b. 12 rakaat dalam  3 kali salat fardu
c.  12 rakat dalam 7 kali salat fardu
d.  12 raakaat dalam 7 kali salat fardu

31. Salat sunah yg dilaksanakan pada tanggal 10 julhijah yg hukumnya sunah muakad adalah…
a. Witir
b. Khusuf
c. Idul fitri
d. Idul adha

32. Salat sunah yang dilakukan setelah merasa berbuat dosa kepada allah ,agar dapat ampunanya disebut salat …
a.  Salat tasbih
b.  Salat tahiyatul
c.  Salat sunah mutlah
d.  Salat sunah taubat

33.  Telah bersabda rasulullah saw.salat berjamaah lebih utama pahalanya dari pada salat sendiri sebanyak 27 derajat merupakan hadis riwayat dari…
a. H.R ibnu hiban
b. H.R bukhori
c. H.R bukhori dan muslim
d. Benar semua 

34. Salat berjamaah lebih banyak pahalanya dari pada salat sendiri berapakah derajat kah pahalanya…
a.    33 derajat
b.    10 derajat
c.    1000 derajat
d.    27 derajat

35.  jumlah salat sunah muakad  berapa rakaat.......
a.   Liama belas
b.   sepuluh
c.   sebelas
d.   dua belas

36. Usholi sunnatal li ‘ idil adha rak’ataini (imamam.makmumam) lilahta’alla merupakan niat dari salat…
a.   Idulfitri
b.   Tarawih
c.   Jenazah
d.   Idul adha

37. Jumlah rakaat dari salat rowatib secara keseluruhan ba’diyah dan qobliyah…
a.  Dua puluh empat
b.  Dua puluh tiga
c.  Dua puluh dua
d.  Dua puluh satu

38.  لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
Artinya “janganlah engkau bersujud pada matahari dan kepada bulan,tetapi bersujudlah kepada allah yang menciptakan ,jika kamu hanya menyembah kepadanya “ arti surah di atas adalah arti surah dari........
a.  Q.S fussilat (41) ayat 37
b.  Q.S al-jum’ah (62) ayat 9
c.  Q.s al-kautsar (108) ayat 1-2
d.  Q.s al-maun (109) ayat 1-3

      39.  salat sunah yang dapat di kerjakan secara berjamaah dan boleh juga munfarid dengan  4 kali takbir tanpa ruku dan    sujud adalah …..
a.   Salat sunah jumat jumat
b.   Salat sunah idul fitri
c.   Salat sunah khusuf
d.   Salat sunah jenajah
40.  Salat rowatib termasuk kedalam salah sunah …
a.  Berjamaah
b.  Bertiga
c.  Berdua
d.  Munfarid
41.  berapa rakaat  Salat  sunah ba’diyah yang dilakukan setelah salat fardu subuh …
a.   2 rakaat
b.   3 rakaat
c.   4 rakaat
d.   Tidak ada salat sunah ba’diyah

42.  Jika kita memasuki masjid hendaknya kita  melakukan ter lebih dahulu salat…
a.   Duha
b.   Witir
c.   Rowatib
d.   Tahiyatul masjid

43.  Berapakah jumlah rakaat salat sunah  tasbih…
a.   5 rakaat
b.   7 rakaat
c.   6 rakaat
d.   4 takaat
44.   مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلَاثًا مِنْ غَيْرِ ضَرُورَةٍ طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ   (وحسنه الشيخ الألباني في " صحيح ابن ماجه
artinya dari hadist yang benar di atas adalah
a.   "Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak empat  kali tanpa kebutuhan darurat, Allah akan tutup hatinya." (Dinyatakan hasan oleh Al-Albany dalam Shahih Ibnu Majah).
b.  "Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali tanpa kebutuhan darurat, Allah akan tutup hatinya." (Dinyatakan hasan oleh Al-Albany dalam Shahih Ibnu Majah)
c.  Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak dua kali tanpa kebutuhan darurat, Allah akan tutup hatinya." (Dinyatakan hasan oleh Al-Albany dalam Shahih Ibnu Majah).
d.  artinya "Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak satu kali tanpa kebutuhan darurat, Allah akan tutup hatinya." (Dinyatakan hasan oleh Al-Albany dalam Shahih Ibnu Majah).

45.  Salat sunah idain ( dua hari raya ) hukum nya adalah …
a.   Sunah muakad
b.   Salat sunah ghairu mu’ akkad
c.   Dilarang
d.   Benar semua

46.  Yang bukan termasuk kedalam salat sunah muakad ialah…
a.   Salat sunah  kusuf / khusuf
b.   Salat sunah witir
c.   Salat sunah jum’at
d.   Salatsunah  idain
        47. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِي لِلصَّلاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ    ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ
Arti dari ayat tersebut di atas
a.    Wahai orang-orang yang tidak,beriman  apabila kamu diserukan  untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui. (Al Jumu'ah : 62 : ayat 9).
b.    Wahai yang tidak beriman, apabila kamu diserukan  untuk tidak melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui.(Al Jumu'ah : 62 : ayat 9).
c.    Wahai orang-orang yang tidak beriman, apabila kamu diserukan untuk  tidak melaksana kan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkan lah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui. (Al Jumu'ah : 62 : ayat 9).
d.    Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diserukan untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui. (Al Jumu'ah: 62 : ayat 9).

48.  Salat rowatib disebut juga salat sunah …
a.   Pengiring salat fardu
b.   Pendorong salat fardu
c.   Pemercepat salat fardu
d.   Benar semua 

49.  Jumlah dari salat sunah gairul muakad adalah.......
a.   10  raka’at  
b.   11  raka’at
c.   12  raka’at
d.   13  raka’at

50.  jumlah takbir pada rakaat pertama dalam salat sunah berjama’ah  idul adha adalah
a.   Takbir 4 kali
b.   Takbir 5 kali
c.   Takbir 7 kali
d.   Takbir 6 kali


Nilai PAI
Paraf Orangtua





semoga bermanfaat buat ihwan dan ahwat

Komentar

Zoosk - Online Dating

Posts populer

Isi Kandungan dan pesan dari Surat Al-Hujurat[ 49 ] : ayat 12

NASKAH SOAL ULANGAN KD. Q.S Al-Insyrah./ kls 9 Semester 2

Husnuzzan [Materi Pelajaran PAI SMA /Kls 10 /Bab 4/Semester.1 /Kurtilas ]

Ayat-ayat Al-qur'an yang menerangkan di turunkannya kitab-kitab suci ( Taurat, Zabur ,Injil dan Al-qur'an)

Uji Konpetensi PAI BAB.10 Beriman Kepada Qada dan Qadar