adsmob1

Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Tingkat satuan pelajaran SMA/MA Kelas 10,11, dan 12

Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Mata pelajaran SMA/MA Kelas 10,11, dan 12 Lengkap. 

Sruktur kurikulum dan perubahan mata pelajaran pada kurikulum paradigma baru jenjang SMA/MA kelas 10, 11 dan 12. Pada kurikulum 2013 Siswa langsung masuk dalam program peminatan (IPA, IPS, atau Bahasa & Budaya) dan Tidak ada mata pelajaran IPA dan IPS. Mata pelajaran langsung spesifik pada Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, dsb menuju arah perubahan. Belum ada peminatan, siswa mengambil semua mata pelajaran wajib di kelas 10 siswa menyiapkan diri untuk menentukan pilihan mata pelajaran di kelas 11. Siswa perlu berkonsultasi dengan guru BK, wali kelas, dan orang tua.

Mata pelajaran kelompok IPA dan IPS terdiri dari:

1.   IPA: Fisika, Kimia, Biologi (6JP)/minggu

2.   IPS: Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi (8JP/minggu) 

Sekolah dapat menentukan pengorganisasian IPA dan IPS berdasarkan sumberdaya yang tersedia, yaitu dengan memilih:

a.   Sistem blok - team teaching dalam perencanaan namun guru Fisika, Kimia, Biologi mengajar bergantian

b.   Sebagai mata pelajaran berdiri sendiri-sendiri

c.   Terintegrasi - team teaching dalam perencanaan dan pembelajaran 

Setiap tengah dan akhir semester ada unit inkuiri yang mengintegrasikan mapel-mapel dalam masing-masing IPA dan IPS

Siswa menulis esai sebagai salah satu syarat kelulusan. Partisipasi dalam berbagai kegiatan pembelajaran diharapkan memberi inspirasi terkait topik yang dipilih Alokasi waktu mata pelajaran SMA Kelas 10 Asumsi 1 Tahun = 36 minggu Seperti halnya di SMP, di kelas 10 SMA:

    IPA terdiri dari Fisika, Kimia, dan Biologi;

    IPS terdiri dari Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, dan Geografi, Sejarah Indonesia dan Sejarah Dunia digabung menjadi “Sejarah” Minimal 25% jam pelajaran dari setiap mata pelajaran wajib dialokasikan untuk projek kokurikuler

** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek (hanya 27 minggu)

*** opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.

Alokasi waktu mata pelajaran SMA Kelas 10

Asumsi 1 tahun = 36 minggu

Pembelajaran di Sekolah Penggerak

Kegiatan reguler/minggu

(pembulatan)

Proyek

(minimal 20% dari total per tahun)

TOTAL JP

PER

TAHUN

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan

Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

PPKn

54 (2)**

18 (25%)

72

Bahasa Indonesia

108 (3)

36 (25%)

144

Matematika

108 (3)

36 (25%)

144

IPA Fisika, Kimia, Biologi (masing-masing 2 JP)

216 (6)

93 (30%)

309

IPS Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi (masing-masing 2

JP)

288 (8)

123 (30%)

411

Bahasa Inggris

54 (2)**

18 (25%)

72

PJOK

72 (2)

36 (33%)

108

Informatika (KTSP TIK)

72 (2)

36 (33%)

108

Pilihan minimal 1:

a) Seni Musik, b) Seni Rupa, c) Seni Teater, d) Seni Tari, e) Prakarya (pilihan: Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, Pengolahan)

54 (2)**

18 (2%%)

72

Muatan Lokal****)

72 (2)***

-

72

Total

1.098 (33)

450

1.548

 

Alokasi waktu mata pelajaran SMA Kelas 11-12 Asumsi 36 minggu/tahun

Alokasi waktu mata pelajaran SMA Kelas 11-12

Asumsi 1 tahun = 36 minggu

Pembelajaran di Sekolah Penggerak

Kegiatan reguler/minggu

(pembulatan)

Proyek

(minimal 20% dari total per tahun)

TOTAL JP

PER

TAHUN

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan

Budi Pekerti*)

72 (2)

36 (33%)

108

PPKn

54 (2)**

18 (25%)

72

Bahasa Indonesia

108 (3)

36 (25%)

144

Matematika

108 (3)

36 (25%)

144

Bahasa Inggris

54 (2)**

18 (25%)

72

Pilihan minimal 1:

a) Seni Musik, b) Seni Rupa, c) Seni Teater, d) Seni Tari

54 (2)**

18 (25%)

72

PJOK

72 (2)

36 (33%)

108

Sejarah

54 (2)

18 (25%)

72

Jumlah Mapel Umum

576 (18)

216

792

Kelompok MIPA: Biologi, Kimia, Fisika, Informatika,

Matematika lanjutan

720 (20)

 

792

Kelompok IPS: Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Antropologi

Kelompok Bahasa dan Budaya: Bahasa dan Sastra Indonesia,

Inggris, Korea, Arab, Mandarin, dsb.***

Kelompok Prakarya (Pilihan: Kerajinan, Rekayasa, Budidaya,

Pengolahan)/Vokasi membatik, servis elektronika, dsb)*** 

72 (2)

 

Muatan Lokal****)

72 (2)***

 

 

Total

 

 

1.548

 

Paduan antara peminatan dan perkembangan holistik. Pada Kurikulum 2013 Pilihan program peminatan (sejak kelas 10) Siswa yang masuk ke dalam suatu program cenderung hanya akan mempelajari disiplin ilmu tersebut saja. Kesempatan untuk eksplorasi disiplin ilmu yang lain semakin sempit.

Siswa perlu mengambil keputusan tentang studi di perguruan tinggi sejak lulus SMP, dan kajian menunjukkan bahwa banyak diantara mereka yang merasa salah jurusan Terjadi stratifikasi program, di mana IPA dianggap lebih baik daripada yang lain, dan kesempatan untuk masuk ke berbagai program studi di perguruan tinggi lebih besar untuk lulusan program IPA dan Angka siswa masuk perguruan tinggi masih rendah, adapun Arah perubahan pembelajaran Siswa memilih mata pelajaran dari kelompok pilihan Siswa memilih mata pelajaran dari minimum 2 kelompok pilihan hingga syarat minimum jam pelajaran terpenuhi (total JP: 40/minggu; JP untuk mapel pilihan: 22 JP/minggu)

Ada 5 kelompok mata pelajaran yang direkomendasikan, yaitu:

    MIPA: Matematika peminatan, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika

    IPS: Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Antropologi

    Bahasa dan Budaya: Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa Asing lainnya

    Vokasi/Karya Kreatif: Budidaya, Rekayasa, dsb.

    Seni dan Olahraga* (khusus untuk sekolah-sekolah yang ditetapkan pemerintah)

Sekolah membuka minimum 2 kelompok mata pelajaran. Apabila sumberdaya memungkinkan, sekolah dapat membuka lebih dari dua kelompok Sekolah dapat bekerja sama dengan pemangku kepentingan setempat untuk mengembangkan CP mata pelajaran Vokasi

Total jp/minggu = 44 22 jp dialokasikan untuk mapel pilihan dari kelompok IPA, IPS, Bahasa dan Budaya, dan Vokasi Hanya mapel kelompok umum (highlighted hijau dalam tabel) yang diintegrasikan dengan projek kokurikuler

*      Pilih salah satu

**    Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek (hanya 27 minggu)

***  Diselenggarakan bila Satuan Pendidikan memiliki sumberdaya yang mencukupi. Jika sekolah membuka kelompok ini, siswa wajib mengambil minimal 1 mapel dari tiap kelompok

**** Opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.

Komentar

Zoosk - Online Dating

Posts populer

Hukum Islam [ Materi Pelajaran PAI. Bab 5/SMA/ Kls.10 /Semester. 1/ Kurtilas]

Persamaan dan perbedaan manusia dengan Hewan

Isi Kandungan dan pesan dari Surat Al-Hujurat[ 49 ] : ayat 12

Asbabun Nuzul dan Surat Al-hujurat [ 49 ] : ayat 12

Penyembelihan Hewan Kurban dan Aqikah.[ Materi Pelajaran PAI Kelas; 9/ Bab.9/ Semester 2/ kurtilas