Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Tingkat Satuan Pelajaran SMP/MTs Kelas 7 dan 8
Struktur Kurikulum Paradigma Baru dan Perubahan Mata Pelajaran SMP/MTs Kelas 7 dan 8
Perubahan struktur kurikulum dan
mata pelajaran pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah
Tsanawiyah (MTs) kelas 7, dan 8 yang rencananya diterapkan pada Kurikulum
Paradigma Baru, Sekolah penggerak atau Fasilitator Daerah (Fasda) wajib mempersiapkan
hal ini dan bersiap-siap selanjutnya sekolah dan madrasah lainnya.
Beberapa perubahan terkait
struktur mata pelajaran di SMP dari Kurikulum 2013 Informatika sebagai mata
pelajaran pilihan karena pertimbangan ketersediaan guru Arah perubahan pembelajaran
Informatika sebagai mata pelajaran wajib dimana Guru yang mengajar tidak harus
memiliki latar belakang pendidikan informatika. Buku guru disiapkan untuk
membantu guru-guru “pemula” dalam mata pelajaran ini.
Alokasi waktu mata pelajaran SMP
Asumsi 1 Tahun = 36 minggu (kls 7-8)
Prakarya menjadi salah satu
pilihan, tidak hanya Seni. Pertimbangan: 1) untuk siswa yang tidak meneruskan
ke SMA, 2) meminimalisir perubahan dari K13.
**
Pembelajaran reguler tidak penuh 36 minggu untuk memenuhi alokasi projek Bahasa
Indonesia: 34 minggu
***
opsional. Satuan Pendidikan dapat mengintegrasikan muatan lokal dalam mapel
lain atau diajarkan melalui kegiatan projek.
Adapun mata pelajaran di SMP pada
kurkulum paradigma baru sebagai berikut:
Alokasi
waktu mata pelajaran SMP Asumsi 1
tahun = 36 minggu |
K13 |
Pembelajaran
di Sekolah Penggerak |
|||
Per Tahun |
Per Minggu |
Kegiatan reguler/minggu (pembulatan)
|
Proyek (minimal 20% dari total per tahun) |
TOTAL JP PER TAHUN |
|
Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Agama Kristen
dan Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Agama Katolik
dan Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Agama Buddha dan
Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Agama Hindu dan
Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Agama Khonghucu
dan Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pendidikan Kepercayaan
Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
Budi Pekerti*) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
PPKn |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Bahasa Indonesia |
216 |
6 |
170 (5%)** |
46 (21%) |
216 |
Matematika |
108 |
5 |
144 (4) |
36 (20%) |
108 |
IPA |
108 |
5 |
144 (4) |
36 (20%) |
108 |
IPS |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
Bahasa Inggris |
144 |
4 |
108 (3) |
36 (25%) |
144 |
PJOK |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Informatika |
72 |
2 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Pilihan minimal 1: a) Seni Musik, b) Seni
Rupa, c) Seni Teater, d) Seni Tari, e)
Prakarya (pilihan: Kerajinan,
Rekayasa, Budidaya, Pengolahan) |
108 |
3 |
72 (2) |
36 (33%) |
108 |
Muatan Lokal****) |
72 |
2 |
72 (2)*** |
|
72 |
Total |
1.368 |
|
29 (1.026) |
378 |
1.404 |
Komentar